Panglima TNI: Tunggu Kemarau Berlalu, Kita Manfaatkan Bom Air

Senin, 12 Agustus 2019 - 21:45 WIB   [122 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Panglima TNI: Tunggu Kemarau Berlalu, Kita Manfaatkan Bom Air

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian usai mengikuti pemaparan Gubri soal karhutla, Selasa (12/8/2019) sore. [Foto: Hendra Nainggolan]

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Lebih kurang setengah jam, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendengarkan pemaparan Gubernur Riau terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Senin (12/8/2019) sore di ruang Pandawa, Lanud Roesmin Nurjadin.

''Gubernur Riau telah menjelaskan kondisi karhutla yang sedang terjadi. Begitu juga dari pihak BMKG Pekanbaru mengenai waktu kapan musim kemarau ini berakhir,'' jelas Panglima kepada awak media yang sudah menunggu.

Terkait kemarau yang sedang terjadi, Panglima TNI mendapatkan informasi, bahwa akan berakhir pada bulan Oktober mendatang.

Dengan rentang waktu yang cukup lama itu menurut dia, tim pemadaman akan dimaksimalkan di darat. Kemudian, Satgas udara melakukan pemadaman dengan cara water bombing.

''Menunggu bulan Oktober ini, maka pemadaman akan kita maksimal dari darat dan udara,'' sebut Hadi.

Cara lain yang akan ditempuh, sambung Panglima yaitu dengan memanfaatkan pesawat Hercules. Nantinya, pesawat ini akan membawa bom air.

Penggunaan bom air ini, dimaksudkan  jika lokasi kebakaran yang terjadi, jauh dari lokasi sumber air. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook