Kapolri: Soal Karhutla, Korporasi Jadi Perhatian Khusus

Senin, 12 Agustus 2019 - 21:58 WIB   [138 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Kapolri: Soal Karhutla, Korporasi Jadi Perhatian Khusus

foto:liputan6

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Menjawab pertanyaan kemajuan terhadap penanganan lima korporasi yang tertangkap Satgas Udara, Kapolri Tito mengungkapkan, pihaknya saat ini juga tengah menyelidiki lima perusahaan yang dinilai gagal dalam menjaga areal konsesinya dari bencana kebakaran.

Sesuai aturan terbaru yang disepakati, areal konsesi perusahaan yang berada pada radius kurang dari lima kilometer. Maka, kebakaran itu dinilai masih menjadi tanggung jawab perusahaan.

Diketahui, kelima perusahaan tersebut antara lain PT Priatama Rupat (Surya Dumai Group), PT Jatim Jaya Perkasa Teluk Bano II, PT Wahana Sawit Subur Indah Siak, PT Seraya Sumber Lestari Siak, dan PT Langgam Inti Hibrindo, Pelalawan.

''Kalau terbukti dibakar korporasi maka kita lakuan tindakan. Namun, jika kebakaran lahan itu dari luar dan merambat ke area perusahaan, perusahan menjadi korban. Kita proses pelaku pembakaran pertama,'' terang Tito.

BERITA TERKAIT:

Kapolri: Terbukti Pelaku Korporasi dan Perorangan Diproses

Panglima TNI: Tunggu Kemarau Berlalu Kita Manfaatkan Bom Air

Selasa, Panglima TNI Cek Karhutla ke Langgam Pelalawan

Untuk menangani korporasi, Tito mengakui sengaja membawa Direktur Tipidter (Tindak Pidana Tertentu) Bareskrim untuk khusus menangani masalah korporasi.

''Penanganan kebakaran lahan yang melibatkan pihak perusahaan akan mendapatkan perhatian khusus. Ini akan menjadi atensi,'' tegas Kapolri.

Dari pemerintah pusat, juga hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. Mereka mengunjungi Riau untuk meninjau upaya penanggulangan karhutla.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook