Perusahaan Tak Pekerjakan Naker Lokal, DPRD Akan Panggil Hearing

Selasa, 13 Agustus 2019 - 13:59 WIB   [217 Klik]

Perusahaan Tak Pekerjakan Naker Lokal, DPRD Akan Panggil Hearing


DURI–Perusahaan yang bergerak di bidang Migas, perkebunan dan lainnya, banyak beroperasi di Duri. Namun sebagian besar tidak mempekerjakan masyarakat tempatan. Hal ini tentu dikeluhkan berbagai pihak.

Anggota DPRD Bengkalis dari Fraksi Partai Golkar Mus Muliyadi berpendapat, seharusnya perusahaan mengutamakan atau memprioritaskan tenaga kerja lokal. “Kita akan memanggil pihak perusahaan untuk berdialog terlebih dahulu. Apa alasan mereka tidak mempekerjakan tenaga kerja lokal. Setelah itu baru kita cari solusi bersama," kata Mus Muliyadi, Selasa (13/8/19).

Ditambahkan Mus, pihaknya sering memberikan imbauan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kota Duri, agar lebih memperioritaskan tenaga kerja lokal. Terlebih lagi pihak perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dengan corporate social responsibility (CSR).

“Kita juga nanti akan melihat Perda yang ada di Kabupaten Bengkalis, berapa jumlah tenaga kerja tempatan atau lokal, seharusnya berapa persen. Memang kita lihat banyak di Duri ini pekerja dari luar daerah,” terangnya.

Permasalahan ini juga yang menimbulkan gelojak dari organisasi. “Memang banyak pihak perusahaan menilai tenaga kerja lokal tidak memiliki skil. Namun seharusnya kalau memang tenaga skil mereka butuhkan tidak ada, kan ada peluang lain. Pihak perusahaan harus peduli juga tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama di daerah mereka beroperasi,” ujarnya.

DPRD Kabupaten Bengkalis berencana memanggil pihak perusahaan untuk hearing. "Kita akan membicarakan dengan pimpinan di DPRD terlebih dahulu, untuk hearing bersama pihak perusahaan guna membicarakan hal ini,” tukasnya.*1



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook