Jangan Sembarangan, IDI Kampar Sarankan Pakai Masker Ini

Selasa, 13 Agustus 2019 - 20:12 WIB   [296 Klik]
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

Jangan Sembarangan, IDI Kampar Sarankan Pakai Masker Ini


KORANMX.COM, BANGKINANG - Terkait masalah asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kampar, mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar dalam menggunakan masker biasa cukup sekali pakai saja.

"Karena kalau sampai berhari-hari dipergunakan dan sudah kotor bukan akan menyehatkan. Karena kuman akan bersarang di sana," ungkap Ketua IDI Kampar, dr Nur Aisyah MKes, kepada koranmx.com, Selasa (13/8/2019).

‎Namun IDI Kampar juga menyarankan agar masyarakat menggunakan masker N95, saat terpapar asap karhutla sekarang. Karena masker biasa tidak cukup melindungi diri dari partikel partikel.

"Tapi, dalam pemakaian N95 juga tidak boleh berulang ulang, terutama bagi yang lagi sakit. Harus diganti lagi agar kuman tidak bertahan di sana," jelasnya kembali sembari menjelaskan masker bedah melindungi diri kurang dari 20 persen. Sedangkan masker N95 melindungi sampai 95 persen.

Yang perlu diketahui juga, kata Nur Aisyah, penggunaan masker dianjurkan untuk melindungi dari polusi. Masker setiap hari dipakai dan diganti setiap hari. Bila tidak diganti setiap hari maka partikel akan menumpuk dimasker. Sehingga mudah tumbuh kuman dan masuk di hidung.

Nur Aisyah, juga mengharapkan agar masyarakat dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan mengkosumsi makanan yang bergizi. "Terutama lagi masyarakat diminta banyak minum air putih," pesannya sembari menyarankan, selalu berprilaku hidup bersih dan sehat spt makanan bergizi, jangan merokok, istirahat yang cukup dan lainnya.

Kemudian yang harus diperhatikan selama musim kabut asap, hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung.‎ Jika terpaksa keluar rumah/gedung, maka gunakan masker.

"Usahakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah/sekolah/kantor dan ruang tertutup lainnya. Penampungan air minum dan makanan terlindung dengan baik," ungkapnya.

‎Namun, bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lainnya agar segera berobat ke dokter atau sarana pelayanan kesehatan terdekat.‎ "Agar cepat bisa mendapatkan perawatan dan pertolongan," ujarnya.

Selain itu kepada seluruh dokter yang bertugas di Kabupaten Kampar, Ketua IDI Kampar ini meminta agar seluruh memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan. "Jika ada pasien sakit agar cepat diberikan pertolongan, karena udah banyak masyarakat jatuh sakit akibat dari masalah asap karhutla ini," pungkasnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook