Saat Penis Terjepit Ritsleting Apa yang Harus Dilakukan?

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 10:11 WIB   [1161 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

Saat Penis Terjepit Ritsleting Apa yang Harus Dilakukan?


KORANMX.COM -- Beberapa waktu lalu viral video seorang bocah yang kemaluannya terjepit ritsleting. Video ini diunggah oleh akun facebook Eris Riswandi, dengan caption "Lelaki sejati pasti pernah merasakan kejepit...."

Terlihat dalam video tersebut, bocah tersebut ditolong menggunakan pisau cutter yang berusaha untuk memotong ritsleting anak itu.

Mungkin hal konyol seperti ini sudah hampir dialami oleh semua pria, dan merupakan pengalaman yang paling traumatis. Hanya saja bila salah dalam menanganinya risiko berbahaya bisa terjadi.

Penis terjepit ritsleting tak hanya rasa sakit atau nyeri, perkara ini juga dapat menyebabkan timbulnya rasa malu atau bahkan trauma pada penderita.

Dalam dunia medis, seperti dibahas dalam Klikdokter.com, penis terjepit ritsleting disebut dengan zip-related genital injury. Keadaan ini umumnya tidak menyebabkan keluhan yang terlalu parah, sehingga masih bisa ditangani sendiri.

BACA JUGA

Lamour Skincare, Solusi Kulit Sejernih Kristal

Jangan Sembarangan, IDI Kampar Sarankan Pakai Masker Ini

Mau Spa, Datang Saja ke Hotel Grand Central

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama pada penis terjepit ritsleting, di antaranya:

1. Jangan panik

Tindakan pertama yang harus Anda lakukan jika mengalami penis terjepit ritsleting adalah jangan panik. Karena kepanikan tidak akan memberikan solusi apa pun, bahkan mungkin dapat membuat keadaan yang Anda alami semakin buruk.

2. Jangan salah tindak

Hindari menarik bagian penis yang terjepit ritsleting secara paksa. Hindari pula menggunting kawat ritsleting tanpa bantuan dari tenaga ahli. Alih-alih membebaskan penis yang tersangkut ritsleting, tindakan tersebut justru dapat membuat alat vital Anda terkena infeksi atau bahkan mengalami luka yang lebih parah.

3. Gunakan minyak bayi atau baby oil

Oleskan minyak bayi atau baby oil pada penis yang tersangkut ritsleting. Kemudian, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Tindakan ini bertujuan untuk memperkecil risiko infeksi atau luka pada penis, juga untuk meningkatkan kemungkinan penis dapat terlepas dari ritsleting dengan sendirinya.

4. Hentikan perdarahan

Jika terdapat luka atau perdarahan pada bagian penis yang terjepit ritsleting, tekan bagian tersebut dengan menggunakan kasa steril. Jangan biarkan darah keluar terlalu banyak, karena hal ini dapat mengancam kesehatan penis Anda.

5. Segera ke dokter

Jika cara di atas masih belum mampu menyelamatkan penis yang terjepit  ritsleting, jangan malu meminta bantuan keluarga atau kerabat dekat untuk membawa Anda ke dokter. Ini adalah tindakan yang paling tepat, karena dokter lebih paham mengenai teknik terbaik untuk menyelamatkan penis yang tersangkut pada ritsleting.

Setelah ke dokter, Anda mungkin akan diberikan beberapa obat oles atau minum. Obat-obatan ini biasanya ditujukan untuk meringankan rasa nyeri, menurunkan risiko infeksi, dan membantu proses penyembuhan luka pada penis.

Mencegah penis terjepit ritsleting

Agar kejadian penis terjepit ritsleting tidak terjadi lagi di kemudian hari, Anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati. Beberapa tindakan yang wajib Anda lakukan untuk hal ini, antara lain:

Hindari penggunaan celana yang terlalu sempit, apalagi bila celana tersebut memiliki ritsleting.

Setelah buang air kecil atau saat hendak memakai celana, jangan buru-buru menutup ritsleting. Sebaiknya, posisikan penis Anda dengan baik dan benar terlebih dahulu.

Gunakan celana dalam dengan ukuran yang sesuai.

Jangan anggap sepele penis  terjepit ritsleting. Segera lakukan tindakan pertolongan pertama di atas, agar organ vital Anda dapat segera diselamatkan. Anda tak ingin organ penting ini mengalami hal-hal yang tidak Anda inginkan, bukan? ***

MX/Dari berbagai sumber.



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook