Surat Kendaraan Diperiksa, Urine Sopir Dicek

Rabu, 04 September 2019 - 15:59 WIB   [42 Klik]

Surat Kendaraan Diperiksa, Urine Sopir Dicek

Kanit Patroli Satlantas Polres Dumai Iptu Remon melakukan pemeriksa surat-surat kendaraan.

DUMAI—Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Dumai bersama Jasa Raharja Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan menggelar pemeriksaan kendaraan bertonase besar di terminal barang, Jalan Lintas Soekarno-Hatta, Kamis (4/9) pagi.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan surat kendaraan, Satalantas Polres Dumai juga melakukan pemeriksaan urine para sopir dan memberikan layanan kesehatan.

“Hari ini kita bersama Jasaraharja, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan kendaraan besar serta pemeriksaan urine,’’ kata Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Chandra.

‘’Selain itu, kita juga memberikan layanan kesehatan bagi sopir kendaraan bertonase tinggi,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam operasi bersama kali ini tidak ada ditemukan pengemudi yang positif menggunakan narkotika. Beberapa sopir juga diberikan obat karena dalam kondisi tidak sehat serta pemberian vitamin kepada para sopir.

“Pada pemeriksaan kendaraan bertonse besar, kita menemukan kendaraan yang sudah merubah bentuk kendaraannya. Namun masih menggunakan surat-surat kendaraan yang lama. Kita juga menemukan kelengkapan kendaraan seperti lampu belakang kendaraan,” tambahnya.

Tambah AKP Chandra, karena tidak memiliki kelengkapan kendaraan dan melakukan perubahan bentuk kendaraan tanpa diiringi perubahan surat-surat kendaraan sesuai dengan aturan yang ada dalam Undang-Undang lalulintas maka dilakukan penahanan.

Untuk diketahui, selama ini kendaraan yang tidak memiliki lampu belakang menjadi penyumbang kecelakaan. Karena pengemudi yang berada di depan tidak mengetahui kalau ada kendaraan di depan mereka akan berhenti.

‘’Selain pemeriksaan kendaraan, pemeriksaan urine dan layanan kesehatan, kita juga mensosialisasikan safety reading kepada pengendara untuk lebih mengetahui dan memetuhi aturan lalulintas yang ada,’’ pungkasnya.

1.100 Pelanggar Ditindak
Enam hari menggelar operasi Patuh Muara Takus 2019, Satuan Lalulintas Polres Dumai sedikitnya sudah menindak 1.100 pelaku pelanggaran lalulintas.

Kendaraan roda dua merupakan kendaraan yang paling banyak ditilang dengan jenis pelanggaran yang paling banyak adalah tidak menggunakan helm sesuai setandar SNI.

“Hingga hari ini, selama enam hari kita melakukan Operasi Patuh Siak 2019, sedikitnya sudah 1.100 pelanggaran yang ditemukan dengan rincian 700 penggendara terpaksa kita tilang karena melakukan pelanggaran yang tidak bisa ditolelir lagi,” ujar Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamean Nainggolan melalui Kasat Lantas Polres Dumai AKP Chandra SH SIK, Rabu (4/9).

Dikatakan AKP Chandra, selain melakukan penindakan berbentuk E-Tilang, selama razia pihaknya juga memberikan teguran terhadap 400 pengendara yang kedapatan melakukan pelanggaran seperti pajak kendaraan yang belum dibayar. =mx15



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook