Mutasi 11 Kapolres Tak Berkaitan dengan Karhutla

Rabu, 04 September 2019 - 16:33 WIB   [131 Klik]

 Mutasi 11 Kapolres  Tak Berkaitan dengan Karhutla


PEKANBARU—Perombakan posisi strategis kembali dilakukan institusi penegak hukum Polri terhadap sejumlah para pejabat utama. Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor 2315-2318 yang diterbitkan tanggal 02 September 2019, mutasi didominasi pada jabatan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres). Termasuk di jajaran Polda Riau, 11 Kapolres pindah posisi.

Berdasarkan surat telegram yang diterbitkan Nomor: ST/2317/IX/Skep/2019, Kapolres yang dimutasi itu yakni, Kapolres Dumai AKBP Restika Pardamaean Nainggolan SIK diangkat dalam tugas barunya sebagai Kabag Kerma Roops Polda Riau. Posisinya digantikan AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK yang sebelumnya menjabat Kapolres Kampar.

Kapolres Kampar pejabat barunya dipercayakan kepada AKBP Asep Darmawan SH SIK. Sebelumnya bertugas sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Riau.

Selanjutnya Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto SIK MH mendapat posisi baru sebagai Wakapolresta Pekanbaru. Sebagai penggantinya, pejabat baru Kapolres Bengkalis dipercayakan kepada AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH yang sebelumnya menjabat Kapolres Rokan Hilir (Rohil).

Untuk mengisi posisi Kapolres Rohil dipercayakan kepada AKBP Muhammad Mustofa SIK MSI yang sebelumnya sebagai Kapolres Kuantan Singingi (Kuansing).

Sebagai penggantinya, pejabat Kapolres Kuansing yang baru dipercayakan kepada AKBP Henky Poerwanto SIK MM. Sebelumnya Koorspripim Polda Riau.

Rotasi berikutnya pada jabatan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH yang mendapat tugas baru sebagai Wadir Binmas Polda Sulawesi Utara. Posisinya digantikan AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH yang sebelumnya merupakan Kasubagluh HAM Div Humas Polri.

Kemudian Kapolres Indragiri Hilir (Inhil) AKBP Christian Rony Putra SIK ditugaskan sebagai Wadir Ditresnarkoba Polda Riau. Posisinya digantikan AKBP Indra Duaman SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Riau.

Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK ditugaskan sebagai Wadir Ditreskrimum Polda Riau. Digantikan AKBP Doddy Ferdinand Sanjaya SIK yang sebelumnya menjabat Kadubdit Gakkum Ditpolairud Polda Lampung.

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan SIK juga mendapat tugas baru sebagai Wadir Ditresnarkoba Polda Jambi. Untuk penggantinya dipercayakan kepada AKBP Muhammad Hasyim Risahondua yang sebelumnya Kapolres Rokan Hulu (Rohul).

Pejabat baru Kapolres Rohul dipercayakan kepada AKBP Dasmin Ginting SIK yang selama ini sebagai Kapolres Indragiri Hulu (Inhu). Posisinya kemudian digantikan AKBP Efrizal SIK yang sebelumnya merupakan Kasub Bid Paminal Bid Propam Polda Riau.

Terkait mutasi dan rotasi jabatan para Kapolres jajaran Polda Riau ini, Karo Penmas Div Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan, tidak ada kaitannya dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau. Ini adalah hal alami dalam organisasi Polri.

“Mutasi Pati (Perwira tinggi, red), Pju (pejabat utama, red) Polda dan para Kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai  tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” ungkapnya saat dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui pesan singkat, Selasa (3/9) sekitar pukul 19.36 WIB.

Terpisah, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto SIK mengatakan, pergantian di tubuh Polri adalah hal yang biasa dilakukan. ‘’Mutasi ini sebagai penyegaran bagi pejabat yang lama. Dan sebagai proses pembelajaran bagi pejabat yang baru,’’ kata Sunarto.

Mengenai waktu serahterima jabatan (Sertijab), kata Sunarto, sedang dalam proses penyesuaian. =mx8/mx9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook