3 Sentra Gakkumdu Kabupaten di Riau Peroleh Penghargaan Terbaik

Kamis, 05 September 2019 - 08:12 WIB   [257 Klik]
Redaktur : Oce E Satria

3 Sentra Gakkumdu  Kabupaten di Riau Peroleh Penghargaan Terbaik

Penyerahan penghargaan Penanganan Tindak Pidana Pemilu Tahun 2019" yang digelar Bawaslu Riau di Hotel Pangeran, Rabu.

KORANMX.COM, PEKANBARU - Sentra Gakkumdu Indragiri Hulu (Inhu) didapuk sebagai Sentra Gakkumdu terbaik di Riau pada penanganan tindak pidana pemilu 2019. Sedangkan Provinsi Riau menempati urutan terbanyak ke-8 secara nasional, dan terbanyak ke-2 (dua) se-Sumatera untuk penilaian yang sama.

Penghargaan untuk itu disampaikan pada kegiatan bertajuk "Rapat Evaluasi Sentra Gakkumdu Terhadap Penanganan Tindak Pidana Pemilu Tahun 2019" yang digelar Bawaslu Riau di Hotel Pangeran, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Kordinator Sentra Gakkumdu Nasional yang juga anggota Bawaslu RI, Dr Ratna Dewi Pettalolo.

Turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau, Uung Abdul Syakur SH MH, Wakapolda Riau Brigjen Pol. Wahyu Widada, Kasi Intel Korem Kolonel Agus Budi SR, seluruh Kapolres dan Kajari se- Provinsi Riau, 3 orang dari pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota, 2 orang dari Polres/ta terdiri dari satu orang Kasat Reskrim dan satu orang penyidik dan 2 orang dari Kejari terdiri dari 1 orang Kasi Pidum dan 1 orang jaksa penuntut umum.

Dalam sambutannya, Kordinator Sentra Gakkumdu Nasional Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, pada putusan tindak pidana pemilu dari 34 provinsi se-Indonesia, Riau menempati urutan terbanyak kedua di pulau Sumatera setelah  Sumatera Barat, dan terbanyak kedelapan secara nasional dalam putusan tindak pidana pemilu 2019.

Menurut Ratna Dewi,  ini sesungguhnya tidak dapat dikatakan sebagai alat ukur keberhasilan sebuah lembaga dilihat dari tingginya angka putusan yang inkrah. Karena Bawaslu ini memiliki kewenangan yang berdampingan antara pencegahan dan penindakan.

"Tetapi tentu ini juga tidak bisa dinafikan karna merupakan prestasi kelembagaan karena kita bisa memproses penanganan pelanggaran sampai pada inkrah 16 putusan. Secara nasional ada 317 putusan pidana yang sudah inkrah," ungkapnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan yang juga penasehat Sentra Gakkumdu Provinsi Riau mengatakan, forum ini sangat strategis untuk bagaimana membenahi Sentra Gakkumdu agar bisa menemukan solusi. Harus digali secara objektif, karena ini evaluasi, tentu kegiatan ini harus melakukan evaluasi objektif terhadap masalah-masalah yang dirasakan bersama.

"Sehingga solusi yang akan dirumuskan bisa memperbaiki kinerja lembaga kita untuk menghadapi Pemilihan 2020,"  ucapnya.

Kegiatan ini juga memberikan penghargaan kepada Sentra Gakkumdu kabupaten/kota yg berprestasi dalam melakukan penanganan tindak pidana pemilu dengan harapan agar menjadi motivasi juga kepada Sentra Gakkumdu kabupaten/kota yg lain dalam menangani tindak pidana pilkada serentak tahun 2020 yang akan datang.

Dalam sesi pemberian penghargaan ini, selain Inhu,  Sentra Gakkumdu Kabupaten Kampar meraih terbaik kedua dan Sentra Gakkumdu Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai terbaik ketiga. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook