1.000 Undangan Ditebar

Pelantikan Anggota DPRD Pekanbaru Dijaga Ketat 400 Personil Gabungan

Jumat, 06 September 2019 - 13:54 WIB   [96 Klik]
Reporter : Novi Yanti
Redaktur : Raja Mirza

Pelantikan Anggota DPRD Pekanbaru Dijaga Ketat 400 Personil Gabungan

Plt Sekwan DPRD Pekanbaru, Zulfahmi Adrian AP MSi

KORANMX.COM, PEKANBARU--Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru, Jumat (6/9/2019) siang melangsungkan pengukuhan sumpah janji 45 anggota DPRD Pekanbaru periode 2019-2024 dalam rapat paripurna. 

Sebanyak 400 personil gabungan dikerahkan guna mengamankan jalannya pelantikan yang dihadiri sekitar 1.000 undangan tersebut. 

Paripurna pelantikan kali ini, masih diberikan kesempatan kepada ketua DPRD Pekanbaru 2014-2019, Sahril SH MH, sampai penyerahan palu kepada ketua sementara menjelang kelengkapan DPRD Kota Pekanbaru 2019-2024 terbentuk, Hamdani dari PKS dan Wan Agusti dari Gerindra.

Pelantikan dihadiri pejabat Pemprov Riau, Walikota Pekanbaru dan jajaran, tokoh masyarakat, mantan Walikota Pekanbaru, mantan Ketua DPRD, Ketua LAM, Komisioner KPU, Bawaslu, Forkopimda, tokoh pemuda, simpatisan dan keluarga masing-masing anggota DPRD Pekanbaru terpilih dan tentunya anggota dewan komisioner. 

"Undangan sudah kita sebarkan," kata Plt Sekwan DPRD Pekanbaru, Zulfahmi Adrian AP MSi. 

Dengan banyaknya undangan yang dibagikan, pihaknya telah menyusun dan mempersiapkan agar acara tersebut bisa berjalan maksimal dan lancar. Termasuk pengamanan lokasi acara mulai dari dalam hingga keluar gedung.

“Kita sudah atur semuanya. Bahkan sampai halaman luar gedung, termasuk menyediakan layar monitor untuk para tamu undangan bisa melihat proses pelantikan anggota DPRD ini," tambahnya. 

Terkait pengamanan, pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan Polresta Pekanbaru, Satpol PP, serta Dinas Perhubungan dengan menurunkan 400 personil gabungan untuk pengamanan. 

“Dengan rincian Polresta 300 personil, Satpol PP 60 personil, Dishub 30 personil, serta sekuriti internal 20 personil. Itu yang nantinya akan mengamankan acara di gedung DPRD Pekanbaru,” pungkasnya.

Dengan dilangsungkannya pengukuhan itu, maka 45 orang resmi menjadi anggota DPRD Pekanbaru dan bisa melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Untuk pengukuhan 45 anggota DPRD Pekanbaru digelar usai salat Jumat," tambahnya. 

Setelah proses penyerahan palu pimpinan kepada dewan yang baru, maka rapat langsung dipimpin Hamdani dari PKS sebagai ketua sementara, didampingi Wan Agusti dasi Gerindra, sampai alat kelengkapan dewan terbentuk.

Setelah itu maka proses selanjutnya yakni Sekretariat DPRD Pekanbaru akan memfasilitasi dan mengkoordinir seluruh alat kelengkapan dewan. 

“Disitu nantinya ketua DPRD Pekanbaru sementara yang dijabat Hamdani dan Wakil Ketua H Wan Agusti akan memfasilitasi membentuk alat kelengkapan dewan. Nanti akan ada persiapan pengukuhan pimpinan ketua, wakil dan fraksi, komisi dan alat kelengkapan dewan kainnya,” bebernya.

Ia menambahkan, pihaknya akan secepat mungkin dan memprioritaskan agar pelantikan ketua DPRD, Wakil Ketua serta seluruh alat kelengkapan dewan bisa terbentuk. “Setelah pengukuhan besok, maka ini yang akan kami prioritaskan,” ujarnya.

Saat disinggung apakah seluruh 45 anggota DPRD Kota Pekanbaru akan langsung menerima hak sesuai dengan undang-undang yang berlaku usai dikukuhkan, mantan Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru ini hanya menjawab diplomatis.

"Bicara hak tentu kita akan mengacu pada undang-undang yang berlaku dan sesuai tata tertib. Tentu sekarang sudah jalan tunjangan perumahannya, transporasi, operasional setiap bulan dan lainnya," ujar pria yang karib disapa Bang Zoel ini. 

"Kita tak bisa menyampaikan secara detil soal hak-hak anggota DPRD," pungkasnya. (***) 

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook