Sukarmis Pimpin Rapat Paripurna Perdana

Jumat, 06 September 2019 - 18:00 WIB   [598 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Sukarmis Pimpin Rapat Paripurna Perdana

Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Riau Periode 2019-2024, Jumat (6/9/2019) di gedung DPRD Riau.

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Untuk terakhir kalinya, Septina Primawati memimpin Sidang Paripurna Sumpah Janji Anggota DPRD Riau Periode 2019-2024 pada sidang, yang dilaksanakan Jumat (6/9/2019)  di gedung DPRD Riau.

Setelah pelantikan, posisi Septina Primawati selaku Ketua DPRD Riau langsung digantikan untuk dilanjutkan oleh Ketua Sementara, Sukarmis dan Wakil Ketua Zukri.

Proses pelantikan ini, dilakukan terhadap anggota dewan yang terpilih pada 17 April lalu untuk periode 2019-2024. Berikut nama-nama mereka:

Partai Golkar:
Parisman Ihwan, Ramos Teddy Sianturi, Sari Antoni, Karmila Sari, Indra Gunawan,  Amyurlis, Sewitri, Sulastri, Septina Primawati, Sukarmis, Yulisman.

PDI-P:
Robin P Hutagalung, Ma'amun Solikhin, Syafaruddin Poti, Suyadi, Irwandi, Almainis, Zukri, Soniwati, James Pasaribu,  Sugeng Pranoto.

Partai Demokrat:
Agung Nugroho, Noviwaldy Jusman, Eva Yuliana, Kelmi Amri, Asri, Eddy Mohd Yatim, Tumpak Hutabarat, Agus Triansyah, Manahara Napitupulu.

Partai Gerindra:
M Aulia, Nurzafri, Amran, Syafrudin, Hardianto, Husni Thamrin, Ustad Suhaidi, Marwan Yohanis.

PAN:
Ade Hartati Rahmat, Sahidin, Syamsurizal, Sunaryo, Zulfi Mursal, Sulaiman,
Komperensi SE.

PKS:
Arnita Sari, Sofyan Syirot Abdul Wahab, Ardiansyah, Adam Syafaat, Abdul Kasim, Mira Roza,  Markarius Anwar.

PKB:
Supriyanto, Abu Khoiri, M Adil, Sugianto, Dani M Nursalam,  Ade Agus Hartanto. 

PPP:
Yuyun Hidayat, Husaimi Hamid, M Arfah, Sardiyono.

Partai Nasdem:
Ali Rahmad,  Farida H Sa'ad.

Partai Hanura:
Kasir.


Syamsuar Berharap Pemprov-DPRD Riau Harmonis

Mengawali sambutannya, Septina Primawati mengatakan, rapat paripurna ini adalah acara penting dan bersejarah bagi DPRD Provinsi Riau, karena melaksanakan pengucapan sumpah / janji jabatan hasil Pemilu 2019.

Sejalan dengan itu, secara resmi mulai bertugas anggota DPRD masa jabatan 2019-2024. Maka keanggotaan anggota DPRD Riau tahun 2014-2019 telah berakhir.

''Meski tugas kedewanan 5 tahun ke depan akan beralih kepada anggota DPRD yang baru. Namun, ada tiga fungsi dewan yang menjadi tugas pokok tetap akan menjadi tugas yang senantiasa melekat seperti anggota dewan sebelumnya yakni fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan,'' kata Septina.

''Kami mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas kepada anggota DPRD Riau 2019-2024. Semoga tugas dan tanggung jawab yang melekat pada diri saudara dapat berjalan lebih baik dan lebih berprestasi,'' tambah Septina.

Lanjut Septina, ia mengajak seluruh anggota DPRD Riau periode 2019-2024 yang diambil sumpahnya, senantiasa melaksanakan fungsi kedewanan sesuai kewenangan yang dimiliki.

''Kami juga ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kerja anggota DPRD Riau tahun 2014-2019 selama ini,'' ujar Septina.

Selanjutnya pelantikan anggota DPRD Riau tahun 2019-2024 ini, langsung dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Riau.

Sementara itu, giliran Sukarmis yang naik menduduki kursi ketua sementara DPRD Riau. Kemudian langsung memimpin rapat Paripurna pertama anggota DPRD Riau tahun 2019-2024.

Sukarmis mengatakan, meski hanya menjadi pimpinan sementara DPRD Riau masa jabatan 2019-2024. Namun amanat bersejarah bagi politik di daerah ini wajib dijalankan. Karena setiap amanah itu akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

''Untuk itu kami sangat memohon tunjuk ajar, meskipun wewenang sebagai pimpinan sementara hanya diberi tugas memfasilitasi tugas yang telah digariskan dalam ketentuan Undang-undang yang berlaku,'' kata Sukarmis.

''Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada ketua DPP Pantai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi yang telah mempercayakan amanat sebagai ketua sementara anggota DPRD Provinsi 2019-2024,'' ujar Sukarmis.

Terkait posisinya sebagai ketua sementara akan permanen menjadi Ketua DPRD Riau tahun 2019-2024, Sukarmis mengatakan, menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus DPD Partai Golkar pusat.

''Soal nanti saya ditetapkan sebagai ketua tetap, saya serahkan ke pimpinan pusat,'' kata Sukarmis.

Sementara itu, tanggapan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi mengatakan, ia. mengajak kepada anggota DPRD Riau periode 2019-2024 dapat bersinergi dengan Pemprov Riau dalam menyejahterakan masyarakat.

''Kami atas nama Pemprov Riau beserta jajaran dan pribadi mengucapkan selamat kepada anggota DPRD Riau periode 2019-2024 yang telah resmi dilantik dan mengucapkan sumpah janji,'' katanya.

Syamsuar juga berharap kepada anggota DPRD Riau yang baru, beserta pimpinan DPRD Riau sementara untuk dapat meneruskan kerjasama yang telah terjalin salama ini.

''Kami berharap kerjasama yang selama ini terjalin agar dapat diteruskan, dan ditingkatkan dengan lebih harmonis dalam upaya kita mensejahterakan masyarakat,'' ajaknya.

Tak lupa, Syamsuar juga menyampaikan penghargaan kepada anggota DPRD Riau periode 2014-2019 yang telah mengakhiri masa jabatannya.

''Terima kasih telah menjalankan tugas dengan baik selama pengabdiannya lima tahun, dan atas kerjasama yang terjalin dengan Pemprov Riau,'' tukasnya.

Selanjutnya, Wakil ketua Pengadilan Tinggi Riau atas nama ketua Mahkamah Agung, melantik dan mengambil sumpah janji 65 anggota DPRD Riau masa jabatan 2019-2024.

Usai pengambilan sumpah dilanjutkan dengan penandatangan yang diwakilkan oleh Ketua DPRD Riau sementara Sukarmis dari Partai Golkar. Dan dilanjutkan dengan penyematan lencana dewan.

Usai pelantikan 65 anggota DPRD seluruh anggota DPRD Riau duduk di kursi masing-masing dan akan mulai langsung bekerja, terhitung sejak pelantikan. Dan dilanjutkan dengan penyerahan palu pimpinan Ketua DPRD Riau sementara, dari dua partai peraih suara terbanyak, yakni Sukarmis dari Partai Golkar sebagai Ketua, dan Zukri dari partai PDIP.

Penyerahan palu dan buku memori langsung diserahkan oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati Rusli, kepada Sukarmis. Selanjutnya Sukarmis langsung memimpin dan sambutan perdana rapat paripurna DPRD Riau.

Dari 65 anggota DPRD Riau ini 37 orang di antaranya adalah wajah baru. Sementara 28 lagi adalah mereka yang terpilih kembali pada Pemilu lalu. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook