Kabut Asap, Otoritas Pelabuhan Dumai Keluarkan Surat Edaran

Senin, 09 September 2019 - 15:00 WIB   [163 Klik]
Reporter : Adi Chandra
Redaktur : Oce E Satria

Kabut Asap, Otoritas Pelabuhan Dumai Keluarkan Surat Edaran

Kota Dumai, Senin (9/9/2019) diselimuti kabut asap. [Foto: Hasanal Bulkiah/RPG]

KORANMX.COM, DUMAI --Kabut asap yang menyelimuti Kota Dumai sepekan belakangan memaksa Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Dumai mengeluarkan surat edaran peringatan dini. SE tersebut dikeluarkan bagi perusahaan pelayaran dan perusahaan keagenan.

Surat edaran peringatan dini ini bertujuan agar perusahaan kapal, perusahaan keagenan kapal, nahkoda kapal, operator kapal serta pengguna jasa lebih memperhatikan keselamatan dalam melaksanakan aktivitas pelayaran. Mengingat kondisi cuaca di Kota Dumai mulai diselimuti kabut asap.

“Surat edaran ini sehubungan mengantisipasi terhadap gelombang pasang yang dapat terjadi di setiap waktu di perairan Indonesia dan cuaca dapat berubah kapanpun serta kabut asap muncul beberap waktu belakangan ini,” kata Kepala KSOP Dumai Sanggam Marihot melalui Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai, Yuzirwan Nasution, Senin (9/9).

Dijelaskan Yuzirwan, sesuai surat edaran itu para perusahaan pelayaran, operator dan keagenan kapal dalam mengoperasikan kapal agar lebih menekan dan mengutamakan unsur keselamatan pelayaran, serta senantiasa memantau perubahan cuaca.

”Selain itu, para pengguna jasa pelayaran ditekankan untuk tidak memaksakan atau menunda berlayar dalam kondisi cuaca buruk seperti gelombang tinggi dan jarak pandang terbatas. Bagi kapal yang sedang berlayar agar mencari perlindungan ke tempat yang aman, serta menggunakan sarana navigasi yang ada,” jelasnya.

Bagi operator dan nahkoda kapal penumpang kecepatan tinggi dalam mengoperasikan kapalnya harus benar-benar diawaki dengan cukup, jumlah penumpang harus sesuai yang diizinkan tidak melebihi kapasitas.
Nahkoda kapal juga harus mengirimkan posisi dan kondisi cuaca kepada stasiun radio pantai secara terus menerus.

“Kita harapkan, perusahaan kapal dan lainnya agar menjalankan surat edaran peringatan dini, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang buruk terjadi diperairan,” harapnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook