WN Inggris Ngaku Kecopetan, Imigrasi Bengkalis Kordinasi dengan Kedubes

Rabu, 11 September 2019 - 16:00 WIB   [126 Klik]
Reporter : Handana
Redaktur : Oce E Satria

WN Inggris Ngaku Kecopetan, Imigrasi Bengkalis Kordinasi dengan Kedubes


KORANMX.COM, BENGKALIS – Petugas Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis mengamankan seorang warga negara asing (WNA) di pelabuhan Bandar Sri Setia Raja, Selat Baru. Ia diamankan diduga melanggar pelanggaran keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis Toto Suryanto mengungkapkan, warga asing yang diamankan petugas di pelabuhan itu merupakan warga asal Inggris. Petugas mengamankan WNA itu pada, Ahad kemarin.

“WNA asal Inggris tersebut berjenis kelamin laki-laki inisial JHWD (47) dan hanya bisa komunikasi bahasa Inggris saja. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan di badannya, yang kita temukan hanya Paspor saja, tidak ada uang dan alat komunikasi, bajupun adanya yang melekat di badannya saja,” terang Toto Suryanto,  Rabu (11/9/2019).

Toto menerangkan, pelaku pelanggaran keimigrasian itu diamankan berawal dari kecurigaan petugas. Gelagatnya mencurigakan. Dihampiri petugas, komunikasinya tidak nyambung.

“Diperiksa paspornya, ternyata masa izin sudah habis selama 28 hari” terangnya.

Hasil pemeriksaan petugas intensif, WNA tersebut merupakan korban pencopetan terjadi di Dumai. Ia mengaku semua barang bawaan hilang.

“Mengaku kecopetan di Kota Dumai, tapi bisa sampai ke Pelabuhan Selatbaru. Lalu dia berangkat dari Dumai ke Selatbaru itu menggunakan apa, sedangkan sebelumnya tidak pernah tinggal di Bengkalis,” tutur Toto heran.

Berkaitan dengan WNA yang diamankan, Kepala Imigrasi menambahkan sedang menunggu hasil kordinasi dengan kedutaan di Jakarta dan keluarga di Inggris, untuk bisa membiayai tiket kepulangan WNA tersebut.

“Tapi, jika sampai satu bulan belum juga ada kejelasan dari Kedutaan Inggris di Jakarta dan keluarganya, maka akan kita pindahkan Rumah Ditensi Keimigrasian di Pekanbaru,” pungkasnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook