Jika Minim Perlengkapan

Pemko Diminta Tidak Asal Buka Posko Bencana Asap

Minggu, 22 September 2019 - 15:49 WIB   [49 Klik]

Pemko Diminta Tidak Asal Buka Posko Bencana Asap


Pemko Diminta Tidak Asal Buka Posko Bencana Asap
>>Jika Minim Perlengkapan

Laporan: Novi Yanti
Pekanbaru

PEMERINTAH Kota Pekanbaru diminta tidak asal-asalan dalam membuka posko dan rumah singgah penanggulangan bencana asap di Pekanbaru. Apalagi kalau minim perlengkapan, membuat masyarakat makin susah.

Dari pantauan dan laporan yang diterima langsung Heri Setiawan anngota DPRD Kota Pekanbaru ini, posko dan rumah singgah yang dibuat oleh pemerintah, sangat minim perlengkapan.

Untuk itu, Heri Setiawan meminta agar Pemerintah melalui instansi terkait segera melengkapi perlengkapan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

‘’Saya sudah keliling di dua titik rumah singgah yang ada di Kecamatan Tenayan, alhamdulillah minim perlengkapan, seharusnya pemerintah siapin dokter, obat-obatan, oksigen dan perlengkapan lainnya. Jadi saran saya tolong dilengkapi,’’ ungkap Heri Setiawan.

Politisi Demokrat ini berharap, agar posko dan rumah singgah yang didirikan oleh pemerintah di 12 kecamatan dan 21 puskesmas yang ada bisa memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat yang terpapar kabut asap.

‘’Posko dan rumah singgah yang dibuat jangan terkesan asal-asalan, kita tidak mau masyarakat yang membutuhkan pertolongan malah dioper kesana kemari akibat tidak adanya perlengkapan, setidaknya rumah singgah yang disediakan bisa memberikan pertolongan pertama buat masyarakat yang terpapar kabut asap,’’ tambah Politisi Demokrat ini.

Disamping itu, Heri Setiawan mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah mengingat kondisi kabut asap yang terjadi makin memprihatinkan dan membahayakan bagi kesehatan terutama bagi balita, lansia dan ibu hamil.

Bagi masyarakat yang terpapar kabut asap bisa segera mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

‘’Kita harap masyarakat senantiasa menjaga kesehatan, selalu gunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah sebagai antisipasi terpapar langsung kabut asap,’’ katanya.

‘’Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama akibat terpapar kabut asap segera datangi puskesmas terdekat, seperti yang ada di dekat kantor Camat Tenayan Raya, disana pihak puskesmas siap menampung warga yang terkena dampak asap 24 jam, dan saya juga menyiapkan beberapa unit mobil jemputan jika ingin ke puskesmas,’’ tambah Heri Setiawan usai memberikan bantuan tabung dan regulator oksigen ke salah satu rumah singgah di Tenayan Raya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook