Riau Paling Rawan Korupsi, Wagub Iri

Rabu, 02 Oktober 2019 - 15:35 WIB   [83 Klik]

Riau Paling Rawan Korupsi, Wagub Iri


PEKANBARU—Survei yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menduduki indeks terendah rawan terjadi korupsi.

Sedangkan Provinsi Riau dinyatakan daerah paling rawan terjadi korupsi.

Hasil ini diketahui setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemetaan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebagai rawan korupsi berdasarkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI). 

Dari hasil survei itu, Pemprov Riau menduduki indeks terendah dengan skor nilai 62,33. Sedangkan indeks tertinggi dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan skor 78,26.

‘’Melihat survei itu, memang harusnya kita iri dengan Jawa Tengah kenapa kok mereka bisa,’’ kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Ia mengajak Pemprov Riau harus mencontoh prestasi Provinsi Jateng tersebut.  ‘’Mencontoh yang baik itu bagus,’’ kata Edy, Rabu (2/10) siang.

Menurut mantan Danrem 031 Wirabima ini, langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindari Pemprov Riau tidak lagi dicap sebagai rawan korupsi, ke depan semua harus ditertibkan dan menerapkan semua aturan yang ada.

‘’Kunci sebenarnya, ke depannya semua harus diterbitkan dan sesuai dengan aturan main,’’ ujarnya.

Ia mengungkapkan, adanya pelanggaran yang terjadi itu dikarenakan aturan ayang ada tidak dijalankan. Lain halnya jika aturan ikuti, maka pelanggan itu tidak akan terjadi.

Untuk itu, pihaknya mempersilakan KPK untuk selalu mendampingi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau dalam menjalankan roda pemerintahan.

‘’Setiap hari tak masalah KPK mendampingi. Kalau ada (ASN) yang melanggar tegakkan aturan. Kalau aturan itu ditegakkan, maka yang melanggar siap-siap menerima sanksinya,’’ tutupnya. =MX9



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook