Seleksi CPNS Oktober Diumumkan

367 Formasi CPNS Diusulkan ke Pusat

Minggu, 06 Oktober 2019 - 16:32 WIB   [69 Klik]

367 Formasi CPNS Diusulkan ke Pusat


PEKANBARU—Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pekanbaru, saat ini sudah mengusulkan sebanyak 367 formasi, untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

Namun, formasi yang tersedia tidak cuma untuk CPNS saja. Ada juga formasi yang diperuntukkan bagi para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Bahkan untuk PPPK jumlah kuota formasinya lebih besar dibandingkan CPNS.

‘’Kita sudah usulkan formasinya ke pusat. Untuk tahun ini, formasi bagi PPPK lebih banyak dibandingkan untuk CPNS sendiri,’’ kata Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi, Ahmad Nurdinsyah, Jumat (4/10) sore.

Pemerimaan CPNS dari masyarakat umum dan PPPK Pemko Pekanbaru sendiri, berbanding 70 dan 30 dari jumlah keseluruhan formasi yang akan diterima. 70persen diangkat melalui PPPK, dan 30 persen lagi diangkat melalui CPNS umum.

Dijelaskan Ahmad, untuk proses pengusulan CPNS 2019, dari BKPSDM Kota Pekanbaru sudah berlangsung sejak Juli lalu. Pengusulan sendiri baru bisa dilakukan setelah ada rencana perekrutan CPNS 2019, berdasarkan jumlah kuota PNS yang pensiun pada tahun 2019.

Sebab, menurut aturan dari pusat jumlah formasi yang diusulkan, harus sesuai dengan jumlah ASN yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP). Sementara jumlah ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang bakal pensiun mencapai 367 orang ASN.

Hampir sebanyak 400 orang yang memasuki batas pensiun tersebut, barulah BKPSDM dapat mengusulkan jumlah formasi ke pusat. ‘’Usulan formasi terbanyak yakni, pada bagian tenaga pendidik, atau guru dan pada tenaga kesehatan,’’ terang Ahmad.

Namun jumlah usulan yang disetujui belum dipastikan berapa banyaknya. Saat ini untuk jumlah formasi CPNS Pekanbaru masih menanti keputusan dari pemerintah pusat.

Ahmad juga menyebut, bahwa pihaknya masih menanti untuk jadwal pelaksanaan Seleksi CPNS tahun 2019 ini. Dan untuk jadwal itu hingga saat ini belum disampaikan oleh pusat.

Rencananya, untuk pengumuman seleksi CPNS 2019 bakal disampaikan ke masyarakat pada bulan Oktober ini. Kemungkinan seleksi sendiri diperkirakan berlangsung menjelang penghujung tahun 2019.

‘’Kita belum tau pasti kapan untuk jadwal nya. Kita masih menanti jadwal dan jumlah formasi yang disetujui dari pemerintah pusat,’’ pungkasnya.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru juga menggelar seleksi CPNS tahun 2018. Pada saat itu seleksi CPNS menyediakan sebanyak 304 formasi. Ada sebanyak 9.411 orang yang mendaftar. Dan sebanyak 302 orang dinyatakan lulus dalam seleksi CPNS tahun 2018 itu. =MX23



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook