Jaksa Teliti Berkas Dugaan Pungli SKGR

Senin, 07 Oktober 2019 - 15:45 WIB   [44 Klik]

Jaksa Teliti Berkas Dugaan Pungli SKGR


PANGKALANKERINCI—Berkas acara pemeriksaan kasus dugaan pengutan liar (Pungli) Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) sudah dilengkapi penyidik Tipikor Sat Reskrim Polres Pelalawan. Selanjutnya langsung dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan.

Tersangkanya, mantan Kepala Desa (Kades) Sering, Kecamatan Pelalawan berinisial MY, hingga kini belum dilakukan penahanan. Alasan yang bersangkutan sudah tua.

Kajari Pelalawan Nophy T South SH MH ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX melalui Kasi Pidsus Andre Antonius SH membenarkan pihaknya telah menerima pelimpahan berkas kasus dugaan Pungli SKGR yang melibatkan mantan Kades Sering tersebut. ‘’Berkasnya sedang diteliti, usai diterima kembali dari penyidik kepolisian,’’ ujar Kasi Pidsus.

Dipaparkan Kasi Pidsus, berkas kasus dugaan Pungli SKGR mantan Kades Sering sebelumnya telah diterima dari penyidik Tipikor Reskrim Polres Pelalawan. Karena masih kurang lengkap, lalu dikembalikan dengan disertai beberapa petunjuk P-19.

Berselang beberapa waktu kemudian, penyidik Tipikor Polres Pelalawan mengirim kembali berkas untuk kedua kalinya.

‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat berkas kasus dugaan Pungli mantan Kades

Sering itu rampung diteliti dan hasilnya akan disampaikan nanti ke penyidik kepolisian,’’ pungkas mantan Satgassus Tipikor Kejati Kepri.

Dugaan Pungli dan gratifikasi penerbitan SKGR terjadi tahun 2014 silam, terhadap lahan kelompok tani seluas 200 hektare di Parit Guntung, Desa Sering, Kecamatan Pelalawan.

Perkaranya dilaporkan ke Polres Pelalawan akhir bulan Desember 2016 dan bulan Juni 2019. MY yang masih menjabat Kades Sering, kemudian resmi ditetapkan sebagai tersangka.

Diduga, dalam pengurusan balik nama penerbitan SKGR itu, diberikan uang pelicin sebesar Rp100 juta untuk 100 persil SKGR.

MY yang telah ditetapkan tersangka, lalu dinonaktifkan. Pada Senin, 29 Juli 2019, Bupati Pelalawan HM Harris melantik Pejabat Semantara Kades Sering, Musa SE. =MX14



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook