Sudah Kordinasi ke Pemkab Kampar

BPCB : Proyek di Candi Muara Takus Sudah Ada Kajian Arkeologi dan Teknis

Rabu, 09 Oktober 2019 - 09:37 WIB   [255 Klik]
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

 BPCB : Proyek di Candi Muara Takus Sudah Ada Kajian Arkeologi dan Teknis


KORANMX.COM KAMPAR -- Terkait proyek pekerjaan di Candi Muara Takus yang diprotes ninik mamak,  tim ahli Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, Agus Tri Mulyono, memberikan tanggapan. Ia menyebut kalau pekerjaan yang dilaksanakan sudah melalui kajian arkeologi dan teknis  yang jelas. Jadi bukan sembarangan dalam mengerjakan.

"Kalau koordinasi tentunya sudah dilakukan oleh BPCB terhadap Bupati Kampar, Sekda Kampar dan Dinas Pariwisata. Jadi dalam pekerjaan ini sudah kami beritahukan kepada Pemerintah setempat," sebutnya, Selasa (8/10/2019).

BACA JUGA:

Ninik Mamak Khawatir, Proyek BPCB di Candi Muara Takus Dapat Merusak Situs Sejarah

Lanjut Agus, mengenai kontraktor pun  sudah diberitahukan rambu-rambunya dalam pekerjaan di situs sejarah seperti Candi Muara Takus. Kalau ada menemukan struktur bata harus dihentikan.

"Begitulah kehati-hatian yang dilaksanakan yang kami terapkan dalam proyek situs budaya," tuturnya, sembari mengatakan pihaknya bertanggungjawab dalam pelestarian.

Tujuan dari proyek pekerjaan ini, kata Agus adalah untuk penataan lingkungan setempat agar candi tidak amblas.

"Makanya drainase pembuangan air diperbaiki. Karena itu sumur resapan dibuat sekarang agar air tidak menggenang," ungkapnya.

Untuk diketahui, kata Agus, ini baru pekerjaan penataan lingkungan, belum masuk pemugaran Candi Muara Takus.

"Karena candi ini lokasi wisata yang harus dilestarikan," katanya sembari menyebutkan kalau anggaran situs budaya ini anggaranya besar dan pekerjaanya berkelanjutan.‎***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook