Pagelaran Sigajang Laleng Lipa Pukau Penonton Pelalawan Expo

Rabu, 09 Oktober 2019 - 12:27 WIB   [663 Klik]
Reporter : M Said
Redaktur : Oce E Satria

Pagelaran  Sigajang Laleng Lipa Pukau Penonton Pelalawan Expo

Atraksi Sigajang Laleng Lipa atau disebut juga saling tikam menggunakan badik senjata khas Bugis dalam satu sarung yang dibawakan dua penari pria. [Foto: M Said/koranmx]

PAGELARAN atraksi Sigajang Laleng Lipa yang ditampilkan masyarakat Bugis dari Keluarga Kerukunan Sulawesi Selatan (KKSS) Pelalawan memukau penonton di Pelalawan Expo di lapangan Taman Kreatif, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Selasa (8/10/2019) malam.

Atraksi Sigajang Laleng Lipa atau disebut juga saling tikam menggunakan badik senjata khas Bugis dalam satu sarung yang dibawakan dua pemuda, menjadi hiburan tersendiri di Pelalawan Expo 2019 yang dibuka sejak Minggu malam lalu.

Dimana tradisi masyarakat Bugis di Sulawesi Selatan, untuk menyelesaikan masalah apabila tidak mencapai kata mufakat dalam sebuah musyawarah. Maka aksi saling tikam menggunakan badik dalam satu sarung yang dijadikan batas.

Atraksi inilah yang diperlihatkan di pentas Pelalawan Expo. Penonton yang ramai memadati Pelalawan Expo sempat dibuat tegang, karena atraksi mengunakan senjata tajam asli jenis badik. Tapi dengan keahlian bela diri, dua pendekar Bugis yang saling tikam dengan badik tapi tidak ada yang terluka langsung mendapatkan tepukan meriah penonton.

''Alhamdulillah, acara penampilan KKSS Pelalawan dapat memukau penonton dan sukses. Terima kasih semua, terutama warga KKSS yang sudah hadir dan mendukung acara ini,'' ujar Ketua KKSS Pelalawan H Abdullah SPd, diwakili Sekertaris Bukhari kepada koranmx.com.

Namun dikatakan Daeng, panggilan akrab Bukhari, selain menampikan atraksi Sigajang Laleng Lipa, pada pegelaran seni di Pelalawan Expo ini, KKSS Pelalawan juga menyuguhkan tari Paddupa, dan tari Mappadendang.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Pelalawan, H Tengku Nahar yang langsung ikut hadir meyaksikan atraksi Sigajang Laleng Lipa, memberikan apresiasi atas tampilnya KKSS Pelalawan di pargelaran seni budaya etnis di Pelalawan Expo 2019 tersebut.

''Kita memberikan apresiasi pada KKSS Pelalawan. Walau baru tampil perdana di Pelalawan Expo, tapi telah memberikan hiburan tersendiri. Semoga ke depan bisa selalu tampil dengan menampilkan tradisi dan kesenian bugis di Pelalawan bersama etnis lainnya,'' ungkap Tengku Nahar dalam sambutannya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook