SMKN 1 Minas Raih Peringkat 4 Nasional SOBAT Competition 2019 Kategori Teknik Inovasi Alat Berat

Kamis, 17 Oktober 2019 - 12:42 WIB   [169 Klik]
Reporter : Yana
Redaktur : Oce E Satria

 SMKN 1 Minas Raih Peringkat 4 Nasional SOBAT Competition 2019 Kategori Teknik Inovasi Alat Berat

Dua orang siswa SMKN 1 Minas (baju hitam) bersama guru pembimbing foto bersama, usai penyerahan piagam penghargaan juara 1 Harapan kategori inovasi teknik alat berat, di Jakarta Rabu (16/10/2019) kemarin.

KORANMX.COM, SIAK -- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Minas kembali menorehkan prestasinya di tingkat nasional. Kali ini sekolah tersebut berhasil meraih peringkat Juara Harapan I atau peringkat 4 nasional, pada SOBAT Competition 2019, dalam kategori Teknik Inovasi alat berat yang ditaja oleh PT United Tractors.

SMKN 1 Minas bersaing dengan puluhan SMK lainnya di bawah binaan PT United Tractors. Mereka berlomba dalam membuat inovasi di bidang teknik alat berat dan mengaplikasikannya.

Sebelum mengikuti lomba tersebut, panitia menggelar seleksi ke seluruh SMK yang ikut serta dalam kompetisi tersebut, yang dimulai sejak awal Oktober lalu.

Kepala SMKN 1 Minas Agustina Susilawati, SPd MPd mengatakan kepada koranmx.com, proses penjurian terdiri dari tiga tahapan.

"Seleksi dimulai sejak awal Oktober kemarin. Dan sekolah kita ikut dalam seleksi. Ada tiga tahapan yang harus kita lalui sebelum akhirnya berangkat ke Jakarta untuk bertanding," Kata Agustina, Kamis (17/10/2019).

Menurutnya, tahapan pertama penulisan abstrak. Sekolah yang lolos seleksi tahap pertama menuju 15 besar. Kemudian tahap kedua, penilaian pada tahap dua ini adalah penulisan makalah.

Lalu dari seleksi tahap dua dipilih 5 besar menuju final tingkat nasional. Sekolah yang lolos lima besar nasional harus menuangkan inovasi yang ditulis pada makalah menjadi sebuah alat inovasi, yang dibuat dalam bentuk prototype.

Pada SOBAT Competition 2019 ini, SMKN 1 Minas berhasil meraih peringkat 4 nasional dan berhak berangkat ke Jakarta. Dengan inovasi berjudul "Engine Measurement Tool", yang merupakan sebuah inovasi teknologi di bidang teknik alat berat.

" Alhamdulillah kita bisa lolos dan berhasil di peringkat 4 nasional, menyisihkan puluhan sekolah lainnya dari berbagai daerah di Indonesia,"ujar Wanita murah senyum ini.

Kembali dijelaskan Agustina, Team SMK Negeri 1 Minas dalam mengikuti lomba tersebut, mengirimkan dua orang siswa nya dengan jurusan TAB. Siswa kelas XI, Jumaidi dan Pramanta dengan pembimbing team Eka Asfiyanur MPd.

"Tentu ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi SMKN 1 Minas. Karena bisa melaju dan unjuk prestasi di tingkat nasional, serta bersaing dengan sekolah lain yang berasal dari luar pulau Sumatera. Alhamdulillah ini prestasi yang membanggakan," cetusnya.

Ia juga berharap, agar Sekolah yang ia pimpin, dapat kembali memperoleh prestasi yang lebih baik lagi pada ajang tersebut, maupun ajang kompetisi bidang lainnya untuk tingkat nasional. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook