Perdana, 228 Pelanggaran Ditemukan

Puluhan Truk Masuk Kota Terjaring Razia

Rabu, 23 Oktober 2019 - 19:34 WIB   [172 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Puluhan Truk Masuk Kota Terjaring Razia


KORANMX.COM, PEKANBARU--Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra Muara Takus 2019, sebanyak 228 pelanggaran ditemukan. Termasuk puluhan truk masuk kota yang melanggar tonase, Rabu (23/10/2019). 

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, AKP Emil Eka Putra SH SIK mengatakan, pada hari pertama pelaksanaan operasi Zebra Muara Takus 2019, ditemukan sebanyak 228 pelanggaran. 

"Pelanggar terbanyak didominasi oleh pengendara sepeda motor, yakni 158 pelanggar," ucap Emil. 

Sementara kata dia, untuk usia pelanggar yang terjaring didominasi usia muda, antara 16 sampai 20 tahun sebanyak 47 pelanggar. Sedangkan untuk pelanggaran roda empat atau lebih berjumlah 70 pelanggaran.

Dijelaskan Emil, selain melakukan penindakan dengan sistim stasioner, pihaknya juga melakukan penindakan dengan sistim patroli (hunting) di lokasi yang rawan pelanggaran lalu lintas. 

Seperti di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) dan juga pintu masuk Kota Pekanbaru seperti di Jalan HR Subrantas khususnya penertiban truk yang melanggar rambu tonase berat dilarang masuk Kota.

"Ada 20 unit truk ditilang. Selain melakukan penilangan, petugas juga mengingatkan kepada pelanggar agar kedepan pengemudi truk mematuhi rambu yang sudah terpasang," sebutnya. 

Hari ini, lanjut dia razia dilakukan di 10 lokasi yang dilaksanakan oleh Polresta Pekanbaru dan Polsek jajaran. Polresta Pekanbaru sendiri melaksanakan razia di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) sementara Polsek jajaran melaksanakan razia di wilayah hukum nya masing-masing.

Ditambahkannya, operasi yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan ini, personil tidak hanya melakukan penindakan di lapangan. Namun juga memberi edukasi kepada pelanggar dengan cara menjelaskan pelanggaran yang dilakukan dan bahaya yang akan di timbulkan akibat pelanggaran itu. 

"Kepada pelanggar tak hanya kita tilang, namun juga diberikan edukasi serta penjelasan di tempat. Khusus untuk truk masuk kota sudah kita ingatkan dan kita lakukan penilangan. Ini akan kita lakukan terus agar ada efek jera," tegas Kasat Lantas. (***) 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook