Berkas Perkara Korupsi Konsumsi MTQ Inhu Dikirim ke JPU

Rabu, 23 Oktober 2019 - 20:57 WIB   [235 Klik]
Reporter : Surya Abdi
Redaktur : Raja Mirza

Berkas Perkara Korupsi Konsumsi MTQ Inhu Dikirim ke JPU

Dua tersangka korupsi saat berada di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru

KORANMX.COM, INHU--Tim penyidik Kejari Indragiri Hulu (Inhu) resmi melimpahkan berkas perkara dua tersangka korupsi anggaran makan minum dan pemondokan kafilah pada MTQ tingkat Kabupaten Inhu tahun 2017, kepada JPU (Jaksa Penuntut Umum).

Kedua tersangka yakni mantan Kabag Kesra Setda Inhu, H Amat Jalil selaku PA (pengguna anggaran) dan Subandi selaku PPK pada kegiatan tersebut.

"Benar, berkas penyidikan kedua tersangka dinyatakan lengkap (P21) dan pelimpahan dari  penyidik telah kita terima Selasa, (22/10/2019) kemarin," kata Kajari Inhu, Hayin Suhikto SH MH melalui Kasi Pidsus, Ostar Al Pansri SH MH kepada koranmx.com, Rabu (23/10/2019).

Dalam waktu dekat lanjut Ostar, pihaknya akan segera melimpahkan berkas perkara tersebut ke PN (Pengadilan Negeri) Tindak Pidana Korupsi Pekanbaru untuk disidangkan.

Terhadap kedua tersangka, Ahmad Jalil dan Subandi, pihaknya juga mengaku telah melakukan pemindahan penahanan terhadap keduanya, dari Rutan Kelas II B Rengat ke Rutan Kelas II Sialang Bungkuk Pekanbaru. 

"Pemindahan penahanan ini kita lakukan, guna mempermudah jalannya proses persidangan," singkat Ostar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terkait dugaan kasus korupsi konsumsi MTQ tingkat Kabupaten tahun 2017, tim Pidsus Kejari Inhu telah menetapkan keduanya sebagai tersangka pada, 22 Juli 2019 lalu. 

Penyidik meyakini bahwa modus dari tindak pidana korupsi yang dilakoni keduanya, markup, dengan pagu anggaran sebesar Rp700.333.000.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan tim penyidik, kerugian negara yang ditemukan sebesar Rp 313.857.600 dari anggaran makan minum dan Rp 105.000.000 dari anggaran pemondokan. (***) 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook