Akan Perkuat Upaya Penanggulangan Asap dan Banjir

Tergabung di Komisi 8, Mantan Bupati Rohul Inginkan Riau Miliki Embarkasi Haji

Kamis, 31 Oktober 2019 - 12:48 WIB   [84 Klik]

Tergabung di Komisi 8, Mantan Bupati Rohul Inginkan Riau Miliki Embarkasi Haji


ROKANHULU--Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah sahkan nama-nama anggota dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) melalui rapat paripurna, Selasa (29/10) kemarin. Ada 11 komisi dan tujuh badan yang disahkan.

Di mana, dari 11 komisi tersebut, Anggota DPR RI asal Riau, Drs H Achmad MSi  tergabung dalam keanggotaan Komisi 8, bersama empat anggota Fraksi Demokrat lainnya.

"Diletakkan di komisi manapun, tak ada persoalan, terpenting mampu menjalankan amanah ini dengan baik, sesuai yang diharapkan masyarakat," ujar Achmad, baru-baru ini.

Menurut mantan bupati Rohul dua periode ini, Komisi 8 memiliki beberapa ruang lingkup dan tugas, di antaranya agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, bencana serta haji.

"Melihat dari ruang lingkup dan tugas yang diberikan kepada Komisi 8, sepertinya saya mampu bekerja secara optimal. Mohon doa dan dukungan masyarakat Riau sekalian," sebut Achmad.

Mitra kerja di Komisi 8 adalah Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI).

"Untuk saat ini, kita akan menginventarisir terlebih dahulu berbagai persoalan yang menjadi ruang lingkup di Komisi 8, terutama yang menyangkut dengan Riau," ucapnya.

Disebutkan juga, di antara yang menjadi perhatian seriusnya nanti adalah, mendorong percepatan Riau ditetapkan menjadi embarkasi haji tersendiri, yang selama ini masih tergabung dengan embarkasi Batam.

"Riau saat ini masih embarkasi haji antara, sebelum ke Batam. Ke depan tentu kita berharap secepatnya menjadi embarkasi tersendiri. Untuk itu, kita akan berkomunikasi dengan mitra kementerian terkait, apa yang harus dilakukan untuk percepatannya. Dengan begitu, masyarakat Riau yang ingin terbang ke Mekah, menjadi lebih mudah," tambahnya.

Putra kelahiran Kabupaten Rohul ini juga menerangkan, karena mitra kerjanya Badan Penanggulangan Bencana, maka upaya penanggulangan asap dan banjir yang selalu menerpa Riau akan semakin diperkuat.

"Peningkatan SDM dan kualitas pendidikan yang berbasis agama, juga akan menjadi target kerja kita untuk terus digenjot," tambahnya.

Lebih lanjut disebutkan, ia akan intens berkomunikasi dengan Riau, untuk menginventarisir berbagai persoalan yang mesti di-back up melalui suara senayan, sesuai dengan ruang lingkup dan tugas yang dibebankan.

"Di luar ruang lingkup dan tugas yang tercatat ini, kita juga bisa bersinergi dengan kawan-kawan lainnya, yang berada di komisi berbeda. Nanti kita akan saling menguatkan untuk kepentingan Riau lebih baik," tutupnya. MX20



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook