Operasi Zebra Bengkalis, Sepeda Motor Rekor Kena Tilang

Senin, 04 November 2019 - 10:04 WIB   [2036 Klik]
Reporter : Handana

Operasi Zebra Bengkalis, Sepeda Motor Rekor Kena Tilang

Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Hairul Hidayat saat diwawancarai [Foto:Handana/Koranmx.com]

KORANMX.COM, BENGKALIS – Sejak dimulai Operasi Zebra Tahun 2019  23 Oktober hingga hingga saat ini, sepeda motor menempati rekor kena tilang di Bengkalis.

Dalam catatan Satlantas Polres Bengkalis sebanyak 719 dan kesalahan yang mendominasi adalah tidak menggunakan helm serta melawan arus.

Kasatlantas Polres Bengkalis, AKP Hairul Hidayat mengatakan, total kendaraan yang terkena tilang selama Operasi Zebra Tahun 2019 sebanyak 935. 

Di antaranya jenis sepada motor 719, mobil pribadi 26, pick up 44, mobil penumpang 17, sedan 12, truk besar 38, truk kecil 62, truk gandeng 1, kontainer 1, jeep 1, dan bus 2 unit.

Pengendara rata-rata yang terkena tilang itu untuk roda dua dengan kesalahan yang mendominasi  yakni tidak menggunkan helm, kelengkapan surat-surat kendaraan maupun pengendara melawan arus.

"Kalau untuk kendaraan roda empat banyak kita tindak truk yang muatan berlebih serta tatacara muat yang tidak sesuai aturan sehingga membahayakan pengguna jalan lainnya,” beber AKP Hairul Hidayat  kepada Koranmx.com, Senin (4/11/2019).

Ditambahkan AKP Hairul, pengendara, baik roda dua atau roda empat dimudahkan dalam membayar denda tilang melalui e-Tilang

Dengan sistem ini, pembayaran jauh lebih mudah sehingga tak perlu lagi datang untuk menghadiri sidang penilangan.

“Mekanisme itu sangat bermanfaat bagi pelanggar yang memiliki mobilitas tinggi. Sistem ini juga menyingkat waktu lantaran proses pembayaran denda tilang menjadi lebih cepat,” terangnya.

Prosedurnya, petugas akan mengirim data ke server BRI, kemudian BRI akan mengirimkan SMS ke nomor ponsel pelanggar disertai nominal denda tilang yang harus dibayarkan melalui rekening di BRI. Sangat simpel.

Ia mengimbau pengemudi agar lebih memperhatikan kelengkapan kendaraan serta kelengkapan pribadi demi nyamannya berkendara dan keamanan dalam berlalu lintas.

"Yang utama itu adalah selalu berhati-hati dalam berkendara sehingga terciptanya kamseltibcar lantas,” tandasnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook