Puluhan Rumah Liar Bakal Dibongkar

Rabu, 20 November 2019 - 16:34 WIB   [99 Klik]

Puluhan Rumah Liar Bakal Dibongkar

Satpol PP Pekanbaru memberikan peringatan terakhir kepada pemilik rumah liar, supaya membongkar bangunan mereka di Jalan Air Hitam, Selasa (19/11) sore.

PEKANBARU--Sejumlah rumah liar yang berada di sekitaran Jalan Arengka II dan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, bakal ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru.

Satpol PP Kota Pekanbaru memberikan batas waktu kepada pemilik rumah liar itu, untuk membongkar sendiri bangunan mereka hingga Kamis (21/11).

‘’Sampai besok kita kasih batas waktu. Kalau tidak ya kita tertibkan. Kita yang bongkar langsung,’’ tegas Kepala Satpol PP Pekanbaru Agus Pramono, Rabu (20/11).   

Menurutnya, keberadaan rumah liar dan bangunan liar tersebut banyak dimanfaatkan pemiliknya sebagai tempat usaha, dan tempat tinggal mereka.

Namun, keberadaan bangunan itu tidak pada semestinya, dikarenakan sebagian berada di daerah milik jalan (DMJ) dan di atas parit.

Agus mengatakan, keberadaan rumah liar itu ada sekitar 50 lebih bangunan. Rumah liar itu terbuat dari kayu dan sebagian di antaranya merupakan warung.

‘’Ada sekitar 50 an lebih yang akan kita tertibkan besok. Rata-rata itu rumah dari kayu,’’ jelas Agus.

Dijelaskan Agus, sebelumnya penertiban rumah liar tersebut sudah disosialisasikan satu bulan belakangan kepada pemilik rumah liar itu melalui pihak kecamatan.

Mereka diminta untuk membongkar sendiri bangunan mereka. Namun, mereka meminta waktu tambahan dua pekan lagi.

Hingga peringatan terakhir yang diberikan Satpol PP Pekanbaru Selasa (19/11) sore lalu, kepada puluhan pemilik rumah liar itu.

‘’Sudah satu bulan lebih kita berikan waktu kepada mereka untuk bongkar sendiri. Seharusnya kemarin sudah kita tertibkan, tapi kita toleransi sampai besok,’’ terang Agus.

Tidak hanya disepanjang Jalan Air Hitam saja, sejumlah bangunan liar yang berdiri diatas parit Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan juga menjadi sasaran penertiban Satpol PP Pekanbaru.

Sampai batas waktu terakhir jika pemilik bangunan tidak membongkar bangunan mereka, ditegaskan Agus, suka atau tidak suka pihak nya tetap akan membongkar. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook