Pengurus APSI Silaturahmi Wapres

Maroef Amin : Peran Pengacara Syariah Semakin Penting di Era Ekonomi Global

Rabu, 27 November 2019 - 15:26 WIB   [102 Klik]
Reporter : Fanny Rizano
Redaktur : Raja Mirza

Maroef Amin : Peran Pengacara Syariah Semakin Penting di Era Ekonomi Global

Wapres, Maroef Amin foto bersama pengurus APSI

KORANMX.COM, PEKANBARU--Pengurus Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI), bersilaturahmi dengan Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof Dr KH Maruf Amin, Selasa (26/11/2019) sore.

Dalam silaturahmi itu, Maruf Amin mengatakan, peran Pengacara Syariah semakin penting seiring dengan cakupan dan ekonomi syariah yang sudah mengglobal.

"Peran dan posisi Pengacara Syariah makin penting dan dibutuhkan. Ini seiring dengan makin luasnya cakupan dan wilayah ekonomi syariah yang sudah mengglobal dan menjadi arus baru ekonomi Indonesia," ucap Ma'ruf dihadapan para pengurus APSI. 

Wakil presiden juga menyatakan, adanya perkembangan dan tantangan baru, membutuhkan kerjasama semakin erat antar para stakeholder (pemangku kepentingan terkait). Hal ini untuk mencapai tujuan bersama, dan juga mampu mengatasi masalah yang muncul antar para pihak baik melalui litigasi maupun non litigasi.

"Kalau bisa semua baik-baik saja, tak banyak masalah yang muncul," kata Wakil Presiden.

"Presiden bersama wakil presiden menjadi pemimpin utama dalam mengembangkan peran lembaga keuangan syariah dan ekonomi syariah. Tak berhenti di situ, aspek lainnya dari sisi industri syariah, perbankan, asuransi, hingga sisi bisnis real syariah semuanya telah menjadi kebutuhan sistem ekonomi yang terkait dengan kemajuan ekonomi nasional," sambungnya menegaskan.

Dalam silaturahmi itu, pengurus APSI yang hadir dipimpin langsung Ketua Majelis Tinggi, Dr Afdal Zikri SH MH, Ketua Umum APSI, Dr Sutrisno SAg SH MH, Dewan Pakar DPP APSI, Dr H Munawar Fuad MA, , Wakil Ketua Umum APSI, Thalis Noor Cahyadi SHI SH MH MA dan Abdul Aziz SHI SH MH. Pengurus lainnya, Sekretaris Umum DPP APSI, Irfan Fahmi SHI SH MH, dan Ketua DPW APSI Riau sekaligus Panitia Munas APSI III, Asep Ruhiat SAg SH MH.

Pada kesempatan tersebut, Afdal mengatakan, pihaknya mendukung pelaksanaan komitmen dan janji kampanye Bapak Presiden-Wakil Presiden untuk tetap konsisten (istiqamah) dalam mewujudkan keadilan dan kepastian hukum mengiringi seluruh program Indonesia Maju dan Unggul.

"Sebagaimana historisnya, APSI dideklarasikan pada 8 Februari 2003/ 6 Dzuhijjah 1423 H di Semarang, tepat dua bulan menjelang disahkannya UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat. Dalam Pasal 32, secara tegas dinyatakan pengakuan terhadap organisasi advokat syariah yakni Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI)," kata Afdal.

Afdal pun melanjutkan, APSI merupakan organisasi yang  bersifat terbuka dan inklusif, sebagai wadah tunggal dan solid dari asosiasi para advokat Syariah yang mempunyai kedudukan yang sama dan setara dengan lembaga advokat lainnya. APSI berkomitmen untuk turut mengawal sukses visi dan program serta target pemerintah.

"APSI siap berperan serta dalam penegakan kepastian hukum dan keadilan sosial-ekonomi bagi setiap warga negara," lanjutnya.

Sehubungan dengan terlaksananya MUNAS APSI Ke III di Pekanbaru Riau pada 21-24 November 2019 lalu, Dr Munawar Fuad, menyampaikan harapan dan aspirasi kepada pemerintah melalui Wakil Presiden Republik Indonesia agar secepatnya  membentuk Badan Legislasi Nasional disertai upaya melahirkan Omnibus Law  dalam segala produk hukum, termasuk yang terkait dengan legislasi hukum ekonomi syariah.

"Kami juga mengajukan usulan APSI terkait pembentukan Lembaga Mediator Ekonomi Syariah atau Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah (LAPSES) yang efektif dan mempunyai kekuatan dan kepastian hukum bagi penyelesaian sengketa ekonomi syariah guna menumbuhkan daya saing yang sehat dan produktifitas yang lebih luas dan dinamis," terang Munawar.

Tidak hanya itu, APSI juga mendukung percepatan lahirnya produk hukum yang Pro Kesejahteran Rakyat dan keadilan sosial-ekonomi dengan memperkuat peran Koperasi dan UMKM serta akselerasi dalam menciptakan lapangan kerja bagi setiap warga.

APSI pun berpeluang membentuk SKKN (Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional) dengan bersinergi bersama MUI (Komisi Fatwa/Komisi Kumdang/DSN MUI, Asosiasi Program Hukum Ekonomi Syariah (APSHESI), juga diharapkan ada dan berkembang di setiap Perguruan Tinggi Islam dan Swasta.

Terkait dengan legislasi sertifikasi Jaminan Produk Halal APSI mendorong produktifitas usaha dengan Pelayanan cepat, mudah dan terjangkau disertai upaya maksimal  untuk pembentukan Badan Jaminan Produk Halal yang bersifat khusus, profesional dan independen.

APSI juga berperan mengembangkan kerjasama Program Keumatan dalam akselerasi Program sertifikasi tanah wakaf dan hak milik masjid dan lembaga keagamaan bersama DMI dan Kementerian BPN/Agraria.

"Terkait dengan masih bertumbuhkembangnya radikalisme di dalam maupun di luar negeri, saat ini APSI tengah mengembangkan SENTRA EDU-VOKASI (Edukasi dan Advokasi) guna melakukan Program aksi pendidikan dan pencerahan serta pencegahan dan pendekatan advokasi, mediasi serta litigasi jika diperlukan bagi tegaknya moderasi dan toleransi sebagai wujud Islam Rahmatan Lil’alamiin," terang Munawar Fuad.

Sementara itu, Ketua Umum APSI, Dr Sutrisno menyampaikan, bahwa silaturahmi ini merupakan suatu kehormatan bagi pihaknya. Bahkan, secara pribadi, dirinya sangat bersyukur dan bangga mendapat kesempatan diterima langsung oleh Ma'ruf Amin.

"Sebagaimana pesan Beliau, selanjutnya APSI akan terus mempererat komunikasi, silaturahim dan kerjasama dengan semua kementerian, lembaga dan badan terkait dalam peran dan fungsi penegakan hukum," tuturnya.

Disisi lain, Asep Ruhiat mengatakan, dengan sudah berakhirnya Munas APSI III, dirinya mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Ma'ruf Amin.

"Ini benar-benar luar biasa, perhatian Wapres kepada APSI, yang akan memacu semangat pengabdian kawan-kawan di seluruh Indonesia”, tutur Asep.

“Selanjutnya, kami memohon arahan dan taushiyah daro bapak Wakil Presiden RI, serta memohon kehadiran dan memberikan amanah secara langsung dalam Simposium Nasional pada awal tahun 2020 dengan Tema Strategis 'Dinamika dan Solusi Legislasi Hukum Ekonomi Syariah dalam Arus Baru Ekonomi untuk Indonesia Maju', yang disertai pelantikan dan rapat kerja Nasional APSI di Jakarta," sambung Afdal menutup.

Dalam kesempatan itu, acara ditutup dengan ramah tamah dan berfoto bersama disertai penyerahan plakat dari APSI ke Ma'ruf Amin. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook