Buka Ruang Kita Festival II, Begini Harapan Gubernur Syamsuar

Selasa, 03 Desember 2019 - 01:05 WIB   [87 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Raja Mirza

Buka Ruang Kita Festival II, Begini Harapan Gubernur Syamsuar

Gubri, Syamsuar melepas balon ke udara tanda dibukanya iven Ruang Kita Festival II

KORANMX.COM, PEKANBARU--Cuaca mendung tak mengurangi kemeriahan launching iven Ruang Kita Festival II 2019. Gelar yang ditaja Dinas Pariwisata Riau ini dibuka langsung Gubernur Riau, H Syamsuar MSi, Senin (2/12/2019) sore. 

Bertempat di Bandar Seni Raja Ali Haji, purna MTQ Pekanbaru. Iven yang akan digelar selama sepekan, 2-7 Desember 2019 itu ditandai dengan pemukulan kompang dan pelepasan balon ke udara oleh gubernur Riau. 

Hadir dalam kegiatan itu, para bupati, majelis kerapatan adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Ketua Panitia Ruang Kita Festival II, R Dandun Wibawa dan sederet tokoh penting lainnya.

Gubernur Riau, H Syamsuar mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi Riau dalam meningkatkan kunjungan wisata ke "Bumi Lancang Kuning" ini. 

Oleh karena itu kata dia, iven ini harus dapat menarik minat masyarakat dan bisa menampilkan pertunjukan musik daerah. Karena, wisatawan manca negara itu menginginkan pertunjukan yang tradisional. 

"Kalau yang modern kan sudah ada di negeri bule itu. Mereka ingin melihat yang tradisional dan bersejarah," ucap Syamsuar dalam sambutan nya.

Untuk menyikapi nya, kata Syamsuar dapat menyajikan seni yang kreatif dan menarik minat wisatawan asing. "Saya sarankan itu, tampilkan budaya kreatif yang menarik minat bule," sebut mantan bupati Siak dua periode ini.

Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Riau, Yoserizal Zein lebih dahulu memberikan penjelasan mengenai rangkaian kegiatan di Kenduri Musik ini. 

Atuk sapaan nya memaparkan, acara ini akan dimeriahkan beberapa penampilan musik dan seni. Di malam hari akan ada penampilan musik Islami. 

Selain itu, juga ada kolaborasi seni, pameran foto, pameran lukisan kearifan lokal dan juga menampilkan destinasi pariwisata Riau. 

Kegiatan ini semakin menarik dengan pameran bonsai yang diikuti oleh para komunitas bonsai di Pekanbaru. Asiknya lagi, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan tanaman bonsai sambil menikmati kopi khas daerah Riau. 

Tak hanya itu, pada iven kali ini juga akan ada demo masak yang diikuti oleh istri gubernur Riau. 

''Untuk kaum ibu-ibu, silahkan datang karena tanggal 6 Desember ada demo masak yang juga diikuti oleh istri gubernur,'' beber Yoserizal. 

Acara menarik lainnya, juga ada pegelaran forum kebangsaan, hingga tari barongsai. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Riau, Syamsuar juga memberikan penghargaan kepada tiga bupati di Riau yang peduli dengan pariwisata dan kebudayaan di daerahnya. Yakni, Rokan Hulu, Siak dan Kuantan Singingi. 

''Kepala daerah yang mendapatkan penghargaan ini, karena betul-betul peduli terhadap budaya dan pariwisata,'' ujar Atuk. 

Sementara Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, iven ini seharusnya dapat menarik minat masyarakat dan bisa menampilkan pertunjukan musik daerah. Karena kata dia, wisatawan manca negara itu menginginkan yang tradisional. 

"Kalau yang modern kan sudah ada di negeri bule itu. Mereka ingin melihat yang tradisional dan bersejarah," ucap Syamsuar dalam sambutan nya. mantan bupati Siak dua periode ini 

Untuk menyikapi nya, kata Syamsuar dapat menyajikan seni yang kreatif dan menarik minat wisatawan asing. "Saya sarankan itu, tampilkan budaya kreatif yang menarik minat bule," sebut mantan bupati Siak dua periode ini. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook