Dukung Fasilitas Kesehatan Masyarakat

Pertamina RU II Beri Bantuan Infrastruktur Puskesmas Bukit Batu

Rabu, 05 Februari 2020 - 12:15 WIB   [52 Klik]
Redaktur : Raja Mirza

Pertamina RU II Beri Bantuan Infrastruktur Puskesmas Bukit Batu


KORANMX.COM, SUNGAI PAKNING--Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina RU II Sungai Pakning memberikan bantuan untuk pembangunan infrastruktur di Puskesmas Bukit Batu pada Jumat, 31 Januari 2020. Bantuan ini didasarkan pada pemetaan kebutuhan yang nantinya digunakan untuk mendukung fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Bukit Batu.

General Affair Pertamina RU II Sungai Pakning, Peri Hartono mengungkapkan, bantuan dari Pertamina memang belum seberapa, namun diharapkan dapat meningkatkan fungsi Puskesmas sebagai layanan kesehatan bagi masyarakat.

"Mengingat di Kecamatan Bukit Batu ini, keberadaan Puskesmas menjadi sangat penting bagi mereka yang membutuhkan layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau. Tentu harus kita dukung,” katanya.

Puskesmas tidak hanya bertanggungjawab terhadap masalah kesehatan personal, tetapi juga kesehatan masyarakat secara luas di daerahnya. Dalam hal ini, Puskesmas Bukit Batu terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Beberapa kendala sempat diungkapkan oleh dokter Dian, selaku tenaga medis di Puskesmas Bukit Batu. 

“Kalau dari sistem (pelayanan) sih sudah bagus, dari SDM-nya juga sudah mencukupi. Tapi dari segi infrastruktur menurut saya Puskesmas Bukit Batu ini masih kurang mendukung. Kalau secara konsep, Puskesmas Bukit Batu ini belum memenuhi standar sesuai dengan Permenkes No 43 Tahun 2019, terkait dengan pemanfaatan ruang. Tapi peraturan itu belum bisa kita laksanakan, karena masih terbatas pada masalah ruangan. Kemudian karena bangunan lama, banyak juga bagian-bagian yang sudah rusak. Sehingga memang perlu direnovasi. Masalah ruangan sendiri, contohnya di ruangan rawat inap, tidak ada pemisahan antara pasien laki-laki dan perempuan serta anak-anak. Ruang tindakan persalinan dan pos persalinan yang masih gabung menjadi satu,” tuturnya.

Melalui bantuan dana pembangunan infrastruktur yang diberikan oleh CSR Pertamina Sungai Pakning, pihak Puskesmas Bukit Batu berharap ke depan nanti Puskesmas menjadi tempat pelayanan kesehatan yang semakin sigap dalam memberikan pelayanan kesehatan. (rls) 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook