Pemrov Segera Tunjuk Plt Bupati Bengkalis

Selasa, 11 Februari 2020 - 08:59 WIB   [85 Klik]
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Raja Mirza

Pemrov Segera Tunjuk Plt Bupati Bengkalis


KORANMX.COM, PEKANBARU--Kasus dugaan korupsi yang menyeret Bupati Bengkalis, Amril Mukiminin dan sudah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihak Biro Tata Pemerintahan dan administrasi, Provinsi Riau langsung mengirimkan surat ke Mendagri untuk penunjukan Pelaksana tugas (Plt).

Dalam surat itu, Bupati Bengkalis diserahterimakan kepada Wakil Bupati Bengkalis, Muhammad.

Kepala Biro Tata Pemerintahan dan administrasi, Sudarman, Selasa (11/2/2020) siang mengatakan, surat tersebut sudah dikirimkan ke Mendagri untuk persetujuan sebagai Plt Bupti Bengkalis. 

Menurut Sudarman, secara aturan otomatis jika Bupati berhalangan. Maka tongkat pimpinan akan diserahkan ke Wakil Bupati sebagai Plt Bupati Bengkalis.

''Informasi terbaru surat Plt Bupati Bengkalis masih di meja Mendagri. Karena kita sudah mengirimkan surat penunjukan Plt Bupati Bengkalis kemarin,'' sebut Sudarman.

Saat ini, sambung Sudarman, pihaknya masih menunggu SK dari Mendagri lagi untuk pengesahannya.

Sedangkan, terkait penahanan Bupati Bengkalis Amril Mukminin oleh KPK, maka Bupati sudah dianggap berhalangan dan tidak bisa menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bengkalis. 

Artinya, sebut Sudarman, Bupati tidak lagi berhak menjalankan organisasi pemerintahan selama masih dalam tahanan, sampai keluarnya keputusan inkrah.

''Selama Bupati berhalangan tugas dan kewenangan diserahkan ke Plt Bupati, dalam hal ini wakil bupatinya masih aktif. Kalau ada keputusan inkrah barulah Bupati diberhentikan dan wakil bupati dilantik menjadi bupati,'' jelas Sudarman.

Sedangkan, terkait kasus wakil bupati, Muhammad, yang juga ditetapkan tersangka oleh pihak penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan pipa transmisi PDAM di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Sudarman menjelaskan, Muhamad bisa menjabat sebagai Plt Bupati Bengkalis, hingga penahanan oleh aparat hukum.

Menurut Sudarman, kasus Muhamad, saat ini masih berjalan di Polda. Sehingga pihaknya masih menunggu proses penanganan kasusnya.

''Jika kasusnya sudah selesai, jabatan Plt Bupati Bengkalis akan diserahkan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis. Karena jabatan mereka belum habis jadi Plt nya bisa Sekda Bengkalis. Kecuali nantik jabatannya habis barulah ditunjuk Pj Bupati dari Pemprov melalui persetujuan Mendagri,'' pungkas Sudarman.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook