Disponsori Penerbit Buku, 27 Kepsek di Rohul Pelesiran ke Luar Negeri

Rabu, 12 Februari 2020 - 08:36 WIB   [50 Klik]
Reporter : Amin Syukri
Redaktur : Raja Mirza

Disponsori Penerbit Buku, 27 Kepsek di Rohul Pelesiran ke Luar Negeri


KORANMX.COM, ROKAN HULU--Puluhan Kepala Sekolah (Kepsek) di lingkungan Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora), khususnya di Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) plesiran ke luar negeri yakni ke Negara Malaysia dan Thailand dengan alasan Studi Banding.

Sedikitnya ada 27 Kepsek yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Rambah Samo yang mengikuti kegiatan Studi Banding ke sekolah-sekolah Indonesia yang ada di Malaysia dan dan Thailand. 

Informasi didapat, kegiatan itu dibiayai oleh beberapa perusahaan penerbit buku. Dalam artian, kegiatan para tenaga pendidik ini disponsori oleh pihak ketiga sebagai komitmen atas kerjasama. 

Adapun rombongan Kepsek yang tergabung dalam K3S Rambah Samo yang melakukan Studi Banding ke Malaysia dan Tahailand menggunakan jasa SBT Travel Service yang beroperasi di Kota Batam itu dipimpin oleh Kepsek SD 04 Langkitin Kecamatan Rambah Samo bernama Ruslim.

Koordinator Disdik Rambah Samo, Arman yang turut dalam plesiran tersebut, dia mengakui jika perjalanan itu dibiayai oleh pihak ketiga, alias sponsor.

"Memang betul, ada bantuan biaya dari pihak luar sekolah. Bukan cuma K3S SD Rambah Samo saja," katanya saat dikonfirmasi pada Jumat (31/1) lalu.

Awalnya, dirinya berkeras menolak menyebut adanya dukungan sponsor dalam kegiatan jalan-jalan tersebut. Namun, setelah ditanyakan sumber dana keberangkatan, dia pun mengakui, jika ada keterlibatan sejumlah perusahaan penerbit buku yang bekerjasama dengan sekolah dalam membiayai keberangkatan tersebut.

"Ya memang gratifikasi sih," aku Arman.

Hal ini pun dipertegas dengan keterangan dari Kepsek SDN 04 Rambah Samo, Ruslim. Dia mengatakan, keberangkatan bekerjasama dengan sebuah perusahaan jasa Tour Travel berbasis di Kota Dumai.

Masing-masing peserta dikenakan biaya sebesar Rp 3,5 juta. Namun, Ruslim mengaku, jika masing-masing peserta hanya menyumbang sebesar Rp 500 ribu saja.

"Sisanya yang Rp 3 juta lagi yang bayar sponsor. Perusahaan penerbit tadi," jelasnya.

"Tapi, bagi kawan-kawan yang bawa keluarga, ya bayar penuh sendiri," tambahnya.

Menyikapi adanya indikasi penerimaan grarifikasi oleh puluhan Kepsek tersebut, Kepala Disdikpora Rohul Drs H Ibnu Ulya, MSi mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui persis mengenai ada beberapa pihak ketiga yang mensponsori kegitan Studi Banding para Kepsek itu.

Diakui Ibnu Ulya, sebagai pimpinan, dirinya hanya sebatas memberikan izin kepada para Kepsek untuk melakukan Studi Banding ke dua negara itu. Pasalnya, ini merupakan salah satu program dari Kordik Rambah Samo.

"Saya tak tahu mengenai pembiayaan mereka pergi berangkat ke luar negeri. Mereka hanya minta izin, ya sudah saya izinkan," kata Ibnu Ulya menerangkan, para Kepsek itu mengaku kalau mereka Studi Banding ke Sekolah-Sekolah Indonesia yang ada di dua negara itu, Senin (10/2/2020).

Perihal adanya sponsor terkait keberangkatan para Kepsek tersebut, Ibnu Ulya mengaku sangat menyayangkan hal itu. Pasalnya, dalam aturan, tidak boleh menerima pemberian dari pihak ketiga, atas kerjasama.

"Jika ini merupakan pemberian dari pihak penerbit buku, tentunya sangat salah. Karena pembelian buku itu bersumber dari dana BOS, jadi tidak boleh di bisniskan," ungkap Ulya.

Terpisah, Pemilik SBT Travel Service Sultan saat dikonfirmasi mengakui jika pihaknya memberangkatkan sejumlah kepala sekolah dari Kabupaten Rohul, yakni pada 22 hingga 24 Januari 2020 lalu.

"Rombongan berangkat pada 22 Januari setibanya di Dumai. Paket pelayanan kita dimulai dari 22-26 Januari untuk 27 orang. Tapi, ada beberapa tambahan peserta juga diluar itu," katanya.

Namun, ketika diminta daftar peserta yang berangkat dari Rohul, Sultan enggan memberikan daftar nama-namanya. Ini diakuinya merupakan hal yang sangat rahasia dan tidak boleh dipublikasi serta ini merupakan aturan di Perusahaannya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook