6 Hotspot Muncul di Riau, Tersebar di Tiga Kabupaten

Senin, 24 Februari 2020 - 08:35 WIB  
Redaktur : Raja Mirza

6 Hotspot Muncul di Riau, Tersebar di Tiga Kabupaten

(Foto : BMKG)


​​​KORANMX.COM, PEKANBARU--Titik panas atau hotspot kembali muncul di sejumlah wilayah Provinsi Riau. Menyusul masuknya musim kemarau yang membuat lahan menjadi kering dan mudah terbakar. 

Berdasarkan pantauan Satelit Terra dan Aqua milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru. Sebanyak 11 titik panas terdeteksi di pulau Sumatera, 6 di antaranya tersebar di wilayah Riau. 

"Titik panas update Senin (24/2/2020) pukul 06.00 WIB terdeteksi 11 titik di pulau Sumatera," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna STr kepada koranmx.com melalui pesan elektronik WhatsApp, Senin (24/2/2020). 

Sebaran titik panas kata dia ada di tiga provinsi, yakni Sumatera Utara (Sumut) 4, Sumatera Selatan (Sumsel) 1 dan terbanyak ada di Provinsi Riau, yakni 6 titik panas. 

"Terpantau 2 titik di Kecamatan Rupat, Bengkalis, 3 di Tebingtinggi, Kepulauan Meranti dan di Kuala Kampar, Pelalawan 1 titik panas," terangnya. 

Namun, kata Prayuna pada tingkat kepercayaan (level confidence) di atas 70 persen di Riau hanya terdapat 3 titik panas yakni 1 di Rupat, Bengkalis dan 2 di Kepulauan Meranti yakni di kecamatan Tebingtinggi. 

Sementara prakiraan cuaca pada umumnya cerah berawan, potensi hujan  dengan intensitas ringan tidak merata dapat terjadi pada sore hari di sebagian wilayah kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Potensi hujan dengan intensitas ringan dan tidak merata juga dapat terjadi pada malam hari di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Sedangkan jarak pandang (visibilty) beberapa daerah di Riau masih terpantau aman yakni Pekanbaru 7 KM, Rengat 5 KM, Dumai 8 dan Pelalawan 5 KM. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook