Dirut RSUD Bangkinang: Petugas Medis Harus Bekerja Sesuai Protokol Kesehatan

Senin, 16 Maret 2020 - 22:13 WIB  
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

Dirut RSUD Bangkinang: Petugas Medis Harus Bekerja Sesuai Protokol Kesehatan


KORANMX.COM, KAMPAR -- Dalam menjalankan tugas sehari-hari petugas kesehatan baik dokter, perawat, bidan, analis serta lainya di RSUD Bangkinang diwajibkan  bekerja sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Demikian disampaikan Direktur RSUD Bangkinang dr. Asmara Fitrah Abadi,. Hal ini katanya, untuk menjaga keamanan  petugas kesehatan dan pasien. 

"Tentunya petugas kesehatan harus bisa menjaga keamanan dirinya, sebab mereka ini langsung bersentuhan dengan para pasien," ungkap Direktur, Senin (16/3/2020).

Dalam menerapkan ini semua petugas kesehatan akan diawasi agar mereka tidak mengabaikannya. Sebab peraturan ini bukanlah hal baru, tapi sudah dari dulu ada peraturannya.

"Untuk  petugas kesehatan yang mengabaikan Protokol Kesehatan akan kita beri sanksi. Karena mereka tidak patuh dengan arti keselamatan diri sendiri, bagaimana juga nanti dengan kesehatan pasien,"ucapnya.

Sedangkan mengenai Protokol Kesehatan dalam menghadapi Covid-19, kata dr.Asmara Fitrah Abadi, sudah ada aturannya, jika pasien tidak sehat dengan kriteria demam 38 derajat celcius dan mengalami batu pilek."Saat berobat pasien harus menggunakan masker dan dianjurkan tidak menggunakan transportasi masal," jelasnya.

Begitu pula bagi tenaga kesehatan diminta melakukan screening suspect Covid-19. Jika memenuhi kriteria, maka akan dirujuk kesalah satu Rumah Sakit rujukan. "Kemudian akan dirawat inap atau rawat jalan tergantung keputusan dokter,"jelasnya lagi.

Ia memastikan,  pasien yang memenuhi kriteria suspect Covid-19 akan diantar ke RS rujukan menggunakan ambulan fanyankes didampingi oleh nakes yang menggunakan alat pelindung diri (APD).

"Di RS rujukan pasien akan dilakukan pengambilan spesimen untuk pemeriksaan laboratorium. Kemudian spesimen dikirim ke Balitbangkes di Jakarta, yang hasilnya akan keluar 24 jam. 

"Selama menunggu hasi pasien dirawat di ruang isolasi,  Jika hasil positif pasien akan dirawat. Dan jika pasien negatif akan dikeluarkan dari ruangan isolasi dan menjalani perobatan seperti biasanya,"tuturnya menjelaskan Protokol Kesehatan Covid-19.



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook