Terkait Hakim PN Bangkinang Hanya Kerja 4 Hari, Humas MA : Segera Kami Bahas

Selasa, 17 Maret 2020 - 17:13 WIB  
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

Terkait Hakim PN Bangkinang Hanya Kerja 4 Hari, Humas MA : Segera Kami Bahas


KORANMX.COM, KAMPAR -- Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, D  Abdullah, SH MS, mengaku akan menindaklanjuti masalah yang terjadi di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang.

"Terimakasih atas informasinya, segera kami bahas dan disampaikan kepada pimpinan," kata Dr Abdullah, kepada  Koranmx.com, Selasa (17/3/2020).

Ia juga mengatakan, kalau dari Mahkamah Agung (MA) tidak pernah mengeluarkan kebijakan mengenai sidang 4 hari tersebut. Kemungkinan itu peraturan dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang. "Akan kita tidaklanjuti peraturan yang dibuat," jelasnya.

Sedangkan Komisi Yudisial (KY) terkejut dengan kinerja para Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang, yang bekerja hanya 4 hari mulai Senin, Selasa, Rabu dan Kamis . Karena hari Jumat bukan hari libur, untuk itu pekerjaan tetap harus dilakukan.

"Untuk kejadian seperti ini KY kecewa sekali, karena ini baru pertama kali mendapati laporan dan informasi. Maka dari itu akan kita tindak lanjuti," kata Penghubung  Kordinator Komisi Yudisial  Wilayah Provinsi Riau, Hotman Parulian Siahaan SH kepada Koranmx.com, Senin (16/3/2020) kemarin.‎

Hotman menyampaikan, terkait dengan tidak masuknya hakim di hari kerja, karena Jumat bukan hari libur. Itu termasuk pelanggaran kode etik hakim. 

"Terkait dengan dugaan ini akan menjadi atensi dari KY dan akan menjadi catatan penting bagi kami," jelasnya sembari menegaskan akan mendalaminya.

Sebelumnya untuk diketahui adanya kejanggalan di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang.  Yang mana jadwal kerja para hakim 4 Hari, dimulai dari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Sedangkan untuk  hari Jumat libur.

Pantauan Koranmx.com, hari Jumat (13/2020) kemarin, tidak ada jadwal agenda sidang di pengadilan. Bahkan terlihat pintu pintu ruangan persidangan tertutup rapat. Yang terlihat hanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) oleh petugas honorer.

Koranmmx.com, juga  menanyakan kepada petugas pegawai honorer yang berada di Pelayanan  PTSP PN Bangkinang, mengenai tidak ada agenda persidangan. "Maaf untuk konfirmasi langsung sama humas PN Bangkinang saja," kata pegawai honorer yang namanya enggan disebutkan tersebut.

Lanjut Pegawai honorer tersebut, juga menyampaikan lebih baik hari Senin (16/3/2020) saja untuk konfirmasi. Karena Humas PN Bangkinang, Ferdi setiap hari Jumat kuliah. "Humasnya kuliah, sedangkan hakim yang lain tak ada di tempat," sebutnya, sembari mengatakan yang ada hanya Ketua PN di ruangannya.

Sedangkan Ketua LIRA Kampar, Ali Halawa, menyampaikan kalau hal seperti ini sudah lama terjadi, namun tidak ada yang menyorotinya.

"Memang aneh kebijakan dan aturan tersebut, dibuat-buat sendiri sepertinya para hakim di PN Bangkinang.  Dengan membuat ketetapan hari libur dimulai Jumat," sebutnya , Ahad  (15/3/2020).

Bisa dilihat kalau saat sidang pidana di PN Bangkinang, yang hanya Senin dan Kamis. Sedangkan untuk hari Selasa dan Rabu sidang gugatan perdata. 

"Kalau pidana menumpuk bahkan mau sampai malam sidangnya. Sudah sangat mengecewakan sekali pelayanan persidangan di PN Bangkinang," keluhnya.

Mudah-mudahan hal seperti dapat direspon oleh Mahkamah Agung (MA) adanya libur akhir pekan di PN Bangkinang dimulai Jum'at. "Karena ada informasi beberapa para hakim  pulang kampung dan kembali di hari Senin," pungkasnya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook