Masyarakat Perbatasan Kecamatan Palika Deklarasikan Pilkada Damai

Selasa, 17 Maret 2020 - 19:02 WIB  
Reporter : Fanny Rizano
Redaktur : Oce E Satria

Masyarakat Perbatasan Kecamatan Palika Deklarasikan Pilkada Damai


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2020 tinggal hitungan bulan. Ada 270 daerah di Indonesia yang dijadwalkan memilih Bupati dan Wakil Bupati, termasuk di antaranya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Riak-riak Pilkada berupa bakal calon kepala daerah mulai bermunculan. Tensi politik biasanya meningkat menjelang masa pendaftaran bakal calon kepala daerah, hingga pencoblosan dan selalu berimbas kepada masyarakat. 

Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan selama proses politik ini berlangsung, masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) di Kabupaten Rohil menyatakan komitmen menjaga ketertiban dan keamanan agar proses Pilkada ini berjalan aman, damai serta sejuk. 

Kasi Pemerintahan Kecamatan Palika Kabupaten Rohil, Budi Setyawan SE mengatakan, seluruh elemen masyarakat di daerahnya sudah melaksanakan deklarasi damai. Kegiatan berlangsung di kantor kecamatan setempat beberapa waktu lalu. 

"Deklarasi ini sebagai upaya masyarakat perbatasan Palika yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Sumatera Utara), menciptakan suasana kondusif jelang Pilkada 2020," ujar Budi, Selasa (17/3/2020). 

Disebutkannya,  deklarasi itu dihadiri unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan Palika, para kepala desa, kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan lapisan masyarakat lainnya di daerah tersebut.

"Kami masyarakat perbatasan mendukung dan mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rohil tahun 2020 yang aman, damai dan sejuk," ucapnya.

Melalui kegiatan ini, komponen masyarakat, khususnya desa-desa di perbatasan menyatakan saling menjaga situasi agar pesta demokrasi berjalan lancar, aman dan kondusif.

"Dan selama ini masyarakat di sini, khususnya perbatasan sudah mampu mewujudkan suasana kondusif dalam setiap moment pesta demokrasi," ujarnya.

Meski demikian, pihak kecamatan mengingatkan agar masyarakatnya jangan mudah terpancing dengan isu-isu provokatif yang bisa memecah-belah persatuan.

"Melalui deklarasi itu, masyarakat menyatakan siap mendukung tugas aparat keamanan dalam menciptakan suasana aman dan damai," ungkap seorang warga bernama Adenan.

Terpisah, Kepala Dusun Podo Rukun Kecamatan Palika, Agus Salim mengatakan, daerahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Di setiap Pilkada masyarakatnya selalu menjaga situasi tetap kondusif. 

"Kami juga mengapresiasi Polda Riau yang telah turun kelapangan, khususnya daerah perbatasan ini yang untuk memciptakan Pilkada yang damai, aman dan sejuk Tahun 2020 di Kabupaten Rohil," tegas Agus. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook