Satu Pasien Positif Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru 

Rabu, 18 Maret 2020 - 19:40 WIB  
Redaktur : Oce E Satria

Satu Pasien Positif Covid-19 di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru 

Ilustrasi/net

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliana Nazir memastikan ada satu pasien dalam pengawasan (PDP) positif tertular virus corona atau Covid-19.

"Yang positif ini jenis kelamin laki-laki berusia 63 tahun," ucap Mimi dalam konferensi pers bersama Kepala RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru, dr Nurzeli Husnedi dan Juru Bicara Penanganan Covid-19, dr Indra Yofi di kantor Dinas Kesehatan Riau di Pekanbaru, Rabu (18/3/2020).

"Pasien positif virus corona ini masuk ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru pada 13 Maret 2020," imbuhnya. 

Sampai saat ini kata Mimi,  dari 19 pasien orang dalam pemantauan (ODP) dan PDP corona yang dirawat di Riau sejak tanggal 3bMaret 2020, hanya satu pasien yang positif corona.  "9 pasien hasilnya negatif corona dan selebihnya masih dalam pemantauan," ungkapnya Mimi.

Dijelaskannya, kondisi pasien akan terus dipantau sampai sembuh. Sementara saat ini kondisi pasien masih stabil.

Makannya Bagus

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara  Penanganan Covid-19 Riau, Dr Indra Yopi  menyebut, kondisi pasien secara umum sekarang yakni tidak dalam keadaan demam. "Cuma masih ada batuk. Bahkan nafsu makannya bagus," ujarnya.

Mengenai riwayat perjalanan pasien sebelumnya, Indra menyebut pasien berinisial M itu  punya riwayat perjalanan ke Malaysia pada dua pekan lalu. Setelah dari Malaysia, pasien tersebut mengeluh sakit. 

Dipastikannya, begitu pasien diketahui mengidap covid 19,  ada tambahan pengobatan yang akan diberikan kepada pasien tersebut. 

"Ke depannya pasien ini akan tetap dilakukan pemantauan di RS Arifin Achmad. Sampai dinyatakan sembuh," kata Indra.

Ia menerangkan, pengertian sembuh adalah sudah dilakukan pemeriksaan dan hasil swabnya dari laboratorium pusat sudah dinyatakan negatif atau tidak ada bakteri lagi, sehingga bisa dipulangkan.

"Dari empat pasien yang ditemukan gejala covid 19, satu di antaranya dinyatakan positif corona dan 3 lagi masih menunggu hasil laboratoriumnya," tukuknya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook