ODP Covid-19 di Riau Sebanyak 1.823 Orang, Pemprov Geser Anggaran

Selasa, 24 Maret 2020 - 12:29 WIB  
Redaktur : Oce E Satria

ODP Covid-19 di  Riau Sebanyak 1.823 Orang, Pemprov Geser Anggaran


KORANMX.COM, PEKANBARU - Demi mempercepat gerak penanganan Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan  pergeseran anggaran. Untuk itu Pemprov telah menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) Riau tentang Perubahan Penjabaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau 2020. 

"Pergeseran anggaran untuk antisipasi virus Corona ini kan dibutuhkan payung hukum, kita sudah susun Pergubnya dan sudah diteken," ungkap  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid kepada wartawan, Selasa (24/3/2020). 

Dijelaskan Yan Prana, Pergub Perubahan Penjabaran APBD Riau ini merujuk arahan Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. 

"Jadi arahan itu yang kita jadikan pedoman untuk melakukan pergeseran anggaran untuk percepatan penanganan virus Corona," terangnya. 

 

BACA JUGA:

Riau Siapkan 80 M untuk Penanganan Covid-19

Kemarin Gubernur Riau, Syamsuar memastikan sebanyak Rp80 miliar anggaran disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk percepatan penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau. 

Anggaran tersebut disiapkan menindaklanjuti arahan Pemerintah Pusat dengan melakukan pergeseran anggaran dibeberapa kegiatan Pemprov Riau. 

"Untuk anggaran percepatan penanganan virus Corona tidak ada masalah. Sudah kita geser anggaran, dan saya sudah buat laporan kepada pimpinan DPRD Riau," kata Gubernur Riau, Syamsuar kepada wartawan, Senin (23/3/2020). 

 

ODP Riau Sebanyak 1.823 Orang

Sementara itu up date yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyebutkan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dari 3 hingga 24 Maret 2020, tercatat 1.823 orang. Dari data tersebut, sebanyak 4 orang telah selesai dilakukan pemantauan dan sisanya 1.819 orang. 

Berdasarkan data di situs resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, corona.riau.go.id, tercatat data pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect Covid-19, berjumlah 55 orang. Pasien yang masih dirawat di Riau saat ini berjumlah 42 orang. Sedangkan, pasien yang sudah dilakukan uji laboratorium dan dinyatakan negatif berjumlah 15 orang. Dari 15 pasien yang negatif, 13 orang dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan. 

Sementara, untuk pasien yang positif Covid-19, tercatat satu orang. Pasien yang positif ini merupakan seorang pria berusia 60 tahun. 

Pemprov Riau menyiapkan 44 rumah sakit untuk menangani Covid-19. Rumah sakit tersebut tersebar di sejumlah kabupaten dan kota di Riau, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook