Jokowi Beri Keringanan Pembayaran Cicilan 1 Tahun untuk Tukang Ojek, Sopir Taksi dan Nelayan

Selasa, 24 Maret 2020 - 14:00 WIB  
Redaktur : Oce E Satria

Jokowi Beri Keringanan Pembayaran Cicilan 1 Tahun untuk Tukang Ojek, Sopir Taksi dan Nelayan

Kondisi Jalan Soekarno-Hatta Pekanbaru Selasa (24/3/2020) siang, sepi dari lalu lintas pengendara. [Foto: Oce E Satria/Koranmx.com]

KORANMX.COM, JAKARTA -- Sepinya interaksi orang dan transaksi akibat kebijakan sozial distancing  berdampak pada masyarakat sektor informal. Dampak penyebaran Covid-19 membuat pemasukan pekerja non-formal menurun. 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya  mengambilkan kebijakan relaksasi (penundaan pembayaran cicilan) untuk mengurangi dampak ekonomi penyebaran virus corona (Covid-19).

"Tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas penanganan Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, Selasa (24/3/2020).

Penundaan pembayaran cicilan tersebut diperuntukkan bagi sektor informal. Seperti pekerja yang menjadi tukang ojek, supir taksi, hingga nelayan yang memiliki kredit untuk alat kerjanya.

Ia menjelaskan, kebijakan tersebut telah dibicarakan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan  OJK menyepakati pemberian relaksasi tersebut.

"Kita kemarin sudah berbicara dengan OJK, OJK akan memberikan kelonggaran," terang Jokowi.

Jokowi mengaku ia mendapat keluhan dari tukang ojek yang melakukan kredit motor, supir taksi yang memiliki kredit mobil, begitupun nelayan yang memiliki kredit perahu. 

Tak hanya supir taksi, tukang ojek, dan nelayan, pemberian kelonggaran juga ditujukan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kredit UMKM di bawah Rp10 miliar baik dari perbankan mau pun nonbank akan mendapat penundaan cicilan 1 tahun dan penurunan bunga. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook