Kampar Sudah Terima 1.200 Rapid Test

Kadiskes Kampar: Walau Sudah  Rapid Test, Status ODP Baru Dicabut Setelah 14 Hari

Jumat, 03 April 2020 - 15:51 WIB  
Reporter : Aulia MH
Redaktur : Oce E Satria

Kadiskes Kampar: Walau Sudah  Rapid Test, Status ODP Baru Dicabut Setelah 14 Hari


KORANMX.COM, BANGKINANG- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar  Dedy Sambudi, mengatakan mereka  masih mengalami kekurangan rapid ttest  untuk pemeriksaan corona atau COVID 19. Karena saat ini yang dimiliki hanya 1.200 rapid test.

"Jadi untuk melakukan langkah pencegahan ini mereka akan memesan kembali, dengan banyak ODP ini akan kita tambah kebutuhannya. Karena hasil pemeriksaan dari rapid test bisa diketahui 15 menit untuk yang berstatus ODP, "sebut Kadis Kesehatan Kampar kepada Koranmx.con, Jum'at (03/4/2020).

Lanjut Dedy, sekarang ini masih status pencegahan, karena itu  rapid test yang dilakukan oleh yang berstatus ODP dilakukan untuk orang orang yang mempunyai  kriteria tertentu.  Sebab dalam pemeriksaan  Rapid Test, untuk ODP ini akan dilakukan dua kali . 

"Jadi ada status-statu tertentu tenaga medis yang melakukan penilaian,”ungkap Kadis Kesehatan Kampar.

Dedy Sambudi , menambahkan  mereka belum bisa membantu klinik-klinik yang ada di Kampar. Untuk itu dirinya menyarankan agar klinik membeli sendiri untuk Alat Pelindung Diri (APD) Kesehatan.

 "APD kita cukup, namun karena ini masih dalam pencegahan hal itu belum bisa dilaksanakan, untuk membantu. Namun kalau itu dalam kategori Darurat Bencana, tentunya akan kita salurkan,"j elasnya,

Sedangkan mengenai wabah Covid 19 ini, kata Kadis Kesehatan Kampar, pihaknya sudah sering turun melakukan sosialisasi kepada pemerintah kecamatan yang juga dihadiri pemerintah desa. Agar masyarakat dapat menjaga kesehatan dan kebersihan dengan cara cara berapa hal yang sudah disampaikan.

 "Protokol kesehatan untuk diri sendiri dan juga saat berada dirumah. Insaallah kalau ini dipatuhi akan terhindar dari Virus Corona yang tidak terlihat ini," pesanya. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook