Koorpus AMKR Apresiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau 

Rabu, 03 Juni 2020 - 23:07 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Koorpus AMKR Apresiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau 


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Koordinator Pusat Aliansi Mahasaiswa Kesehatan Riau (AMKR) mengapresiasi penangganan wabah Covid-19 di Provinsi Riau.

Pantuan AMKR, saat ini pasien sembuh dari virus Corona (Covid-19) di Riau hari ini berjumlah 92 orang. Kini tersisa 19 pasien positif corona yang masih dirawat di lima abupaten/kota di Provinsi Riau.
Berdasarkan hasil epidimologi Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19  Pusat, bahwa saat ini Provinsi Riau telah mengalami penurunan angka reproduksi (R0) Covid-19 di bawah angka satu yaitu 0,88.
Diketahui hingga saat ini Riau memiliki dua kabupaten yang masih zona hijau yaitu Rokan Hilir dan Kuantan Singingi. Namun, daerah yang masih berstatus zona merah Covid-19 ada dua, yaitu kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti.
Sedangkan, Kabupaten dan kota di Riau dalam persiapan menuju new normal atau tatanan kehidupan baru ada enam daerah, diantaranya Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

Sandika Syaputra (Koorpus AMKR) menyampaikan apresiasi kepada Satgas Penanggulangan Wabah Covid-19 baik dari Pemerintah Provinsi Riau, Kepolisian Daerah Riau, DPRD Provinsi Riau dan seluruh Elemen yang terlibat dalam melaksanakan pencegahan dan pengendalian dari wabah Covid-19. 

Saat ini, kata dia, presentase dari wabah Covid-19 di Provinsi Riau sudah sangat menurun.  Hal ini tidak lepas dari kontribusi  semua pihak baik dalam segi pencegahan, pendampingan, regulasi, kebijakan dan pengendalian wabah Covid-19 ini.

Dengan diberlakukannya New Normal di beberapa daerah di Indonesia dapat menjadikan solusi dari dampak ekonomi yang sedang melanda Negeri ini dengan membiasakan diri untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Seperti rutin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari keramaian dan menahan diri untuk tidak keluar dari rumah jika tidak diperlukan. 

Ia berharap tidak ada lagi gelombang selanjutnya dari wabah Covid-19 ini di Riau.

'Sandika mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Riau untuk tetap tenang dan waspada serta lneakukan social distancing maupun physical distancing guna menekan penularan virus corona, karena orang yang tidak sakit belum tentu tidak positif corona (Orang Tanpa Gejala) atau bahkan bisa sebagai pembawa/carrier dari virus Corona. "Maka pilihan terbaik adalah tetap di rumah dan menghindari dari kegiatan yang berada di keramaian,'' pesannya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook