Petani Karet Teriak, Harimau Sumatera Kabur

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:03 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Petani Karet Teriak, Harimau Sumatera Kabur


KORANMX.COM, PEKANBADU--Konflik manusia dan harimau sumatera, kembali terjadi. Lokasinya di Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Kamis (4/6/2020) pagi.

Kepala Balai Besar Konsevasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, menurut kronologi yang disampaikan oleh Kepala Desa Sepahat, Azlan.

Korban bernama Sofian usia 50 tahun, yang berprofesi sebagai penderes karet awalnya sedang menyadap karet di sekitar lokasi.

Saat sedang menyadap karet, tiba-tiba Sofian merasakan ada sesuatu sedang berada di belakanganya.

Lalu, begitu sadar sosok di belakangnya adalah harimau sumatera. Sofian langsung balik badan, sambil berjalan mundur.

''Saat berjalan mundur, Sofian dikabarkan melempar harimau sumatera menggunakan kayu ranting. Sehingga, diduga memancing amarah satwa ganas tersebut,'' terang Suharyono.

Setelah direspon, Harimau sumatera langsung menyerang Sofian. Meski berhasil memanjat pohon karet. Namun si belang berhasil mencakar kaki bagian bawah korban.

Dilanda ketakutan, Sofian pun berteriak minta pertolongan. Sehingga, saat teman-temannya datang harimau tersebut langsung menjauh.

''Setelah dirawat korban segera dilarikan ke Puskesmas setempat dan kemudian dirujuk ke RS di Dumai,'' terang Suharyono.

Begitu menerima laporan Balai Besar KSDA Riau segera menurunkan Tim Resort Bukit Batu untuk melakukan olah TKP dan indentifikasi satwa liar yang menyerang warga. 

Kemudian, pihaknya akan dilakukan pemasangan kamera trap/jebak di lokasi kejadian untuk memastikan individu satwa penyerang warga.

'"Atas kejadian tersebut di minta kepada warga masyarakat sekitar lokasi untuk sementara mengurangi aktifitas dilokasi terjadinya konflik dan tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan satwa serta tidak melaķukan tindakan anarkis terhadap satwa tersebut,'' pungkasnya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook