Inhouse Training: Pegawai Kanwil DJP Riau Bisa Menulis Artikel Perpajakan

Kamis, 18 Juni 2020 - 06:18 WIB  
Redaktur : Oce E Satria

Inhouse Training: Pegawai Kanwil DJP Riau Bisa Menulis Artikel Perpajakan

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau, Farid Bachtiar, menyerahkan pelakat kepada Hary B Koriun sebagai narasumber.

KORANMX.COM, PEKANBARU -- 
Jurnalis yang juga sastrawan, Hary B Koriun (HBK) menjadi narasumber inhouse training "Penulisan Artikel dan Perpajakan" untuk pegawai Kanwil DJP Riau. Kegiatan berlangsung di Kantor DPJ Riau, Jl Sudirman, Pekanbaru, Rabu (17/6/2020).

Selain HBK yang mewakili PWI Riau, narasumber lain adalah Riza Almanfaluti, Kepala Seksi Pelaksana Portal pajak.co.id Dirjen Pajak. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 peserta dengan menggunakan media Zoom Meeting bagi peserta di luar Pekanbaru dan narasumber dari Jakarta (Riza Almanfaluti).

Hary B Koriun yang memberikan materi tentang penulisan artikel (esai) menjelaskan, menulis artikel, juga menulis bidang lain, adalah keahlian yang bisa dipelajari dan tak perlu harus mengandalkan bakat. Karena ada cara, metode, teori, dan yang lainnya yang bisa dipelajari.

"Dengan selalu belajar, mencoba, dan terus mengulang-ulang, kita pasti akan mendapatkan hasil yang baik. Belajar dari karya orang lain yang punya standar kualitas baik, juga akan banyak membantu," ujar mantan wartawan Harian Singgalang Padang yang kini bekerja di Harian Riau Pos tersebut. Di Riau Pos HBK  pernah menggawangi sejumlah rubrik seperti olahraga dan opini. Ia juga menjadi redaktur budaya Ripos.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (Kanwil DJP) Riau, Farid Bachtiar, pajak adalah salah satu penerimaan negara terbesar yang digunakan dalam 
proses pembangunan. Karena itu harasi ini harus dibangun oleh seluruh pegawai pajak agar tak tebentuk opini bahwa pajak hanya menyulitkan masyarakat.

Untuk itu, salah satu yang harus dilakukan adalah membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat wajib pajak (WP). Pendekatan-pendekatan persuasif dan humanis harus dilakukan. Salah satunya adalah lewat media. Baik media mainstream maupun media internal. Para pegawai pajak, siapa pun mereka, diharapkan langsung bisa menjadi humas pendekatan ini.

Farid  menyambut baik pelatihan ini, karena dengan kemampuan menulis berita dan artikel yang baik dan menarik, akan membantu para pegawai pajak untuk memberikan informasi yang baik pula kepada pembaca yang juga WP.  Informasi bermutu dan berkualitas sangat penting bagi masyarakat. 

"Saya mendukung rencana membuatan majalah digital di Kanwil DJP Riau. Saya juga berharap para pegawai Kanwil DJP Riau dan mereka yang berada di kabupaten/provinsi di Riau, rajin mengirim berita di portal Dirjen Pajak, pajak.co.id," kata mantan Kepala Kanwil DJP Kalimantan Barat (Kalbar) tersebut.

Farid juga berjanji akan memberikan penghargaan kepada pegawai pajak Kanwil DJP Riau yang tulisannya berkualitas baik, baik yang dimuat di majalah digital yang akan diterbitkan maupun portal Dirjen Pajak pusat.

Di bagian lain, Kabag Umum yang juga Plt Kabid Humas Kanwil DJP Riau, Syarifudin Syafri, menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut adalah untuk memperbarui kemampuan menulis bagi pegawai yang juga kontributor untuk portal atau website Dirjen Pajak. 

"Saya berharap dengan pelatihan ini kemampuan teman-teman terus meningkat dan akan terus berkontribusi untuk portal Dirjen Pajak. Dengan begitu, kegiatan-kegiatan yang kami lakukan di Riau akan diketahui oleh masyarakat secara luas," jelas lelaki asal Palembang tersebut. ***

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook