Enam Positif, Dua Meninggal, Salah Satunya Bayi 9 Bulan

Kamis, 18 Juni 2020 - 17:20 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Enam Positif, Dua Meninggal, Salah Satunya Bayi 9 Bulan


KORANMX.COM, PEKANBARU--Kabar duka terkait perkembangan Positif Covid-19 di Riau. Dari enam pasien positif, salah satunya bayi 9 bulan.

"Terdapat penambahan enam kasus positif baru, dengan rincian empat masih dirawat dan dua orang meninggal dunia saat masih berstatus sebagai PDP. Jadi total keseluruhanya sudah 134 kasus," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (18/6/2020).

Bayi 9 bulan ini berinisial MYR, merupakan warga Indragiri. Bayi ini meninggal kemarin.

''Laporannya, MYR diketahui positif setelah dimakamkan. Sebelum dirawat, dia sempat batuk dan filek secara terus menerus,'' kata Yovi.

Sedangkan, dari mana MYR terjangkit positif Covid-19, kata Yovi sampai saat ini belum mengetahui riwayat penularannya.

Dari hasil tracing, tidak diketahui dari mana tuan MYR sebelumnya. Karena riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Selanjutnya, pasien 130 positif Covid-19 di Riau adalah Nyonya IA (28) warga Kabupaten Indragiri Hilir dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Nyonya AI ini, sebut Yovi, merupakan tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

''Ini artinya, kita harus waspada. Karena semua orang bisa kena, termasuk kami tenaga kesehatan,'' kata Yovi.

Untuk pasien nomor 131 positif adalah Tuan AS (26) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Sebut Yovi, belum diketahui riwayat penularan dari tuan AS karena tidak memiliki riwayat perjalanan. 

''Hasil tracing dia merupakan hasil pengembangan penemuan kasus positif dari pelaksanaan rapid test  yang dilakukan oleh salah satu BUMN,'' terang Yovi.

Kemudian, pasien 132 positif Covid-19 di Riau adalah Nyonya NY (32) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Pihaknya, juga belum mengetahui riwayat penularan dari Nyonya NY karena tidak memiliki riwayat perjalanan. 

''Dia juga hasil pengembangan penemuan kasus positif dari pelaksanaan rapid test  yang dilakukan oleh salah satu BUMN,'' ungkap Yovi.

Kemudian pasien 133 positif Covid-19 di Riau adalah Tuan SH (23) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Sama dengan pasien sebelumnya, pihaknya belum mengetahui riwayat penularan dari Tuan SH karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak erat dengan pasien positif Covid-19. 

''Namun, SH merupakan hasil pengembangan penemuan kasus positif dari pelaksanaan rapid test  yang dilakukan oleh salah satu perusahaan BUMN,'' ungkap Yovi.

Terakhir, pasien 134 positif Covid-19 di Riau adalah tuan NC (47) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

''Tuan NC memiliki riwayat perjalanan dari Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dia meninggal kemarin,'' sebut Yovi.

Dalam kasus klaster BUMN ini, hanya AS yang merupakan karyawan BUMN. Sisanya merupakan karyawan pihak ketiga.

Artinya, sambung Yovi, maka total kasus positif Covid-19 di Riau menjadi 134 orang. Sampai saat ini sudah 8 orang yang meninggal dunia.

Hari ini ada abar baik. Satu pasien dinyatakan sembuh, yakni tuan B (27) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook