Penerbitan Kembali Izin Operasional Pasca Covid-19

Pastikan Terapkan Protokol Kesehatan, Kadis DPM-PTSP Tinjau Langsung Pelaku Usaha

Jumat, 19 Juni 2020 - 19:09 WIB  
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Oce E Satria

Pastikan Terapkan Protokol Kesehatan, Kadis DPM-PTSP Tinjau Langsung Pelaku Usaha

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Muhammad Jamil bersama rombongan mengecek fasilitas hotel guna memastikan penerapan protokol kesehatan..

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Guna memastikan penerapan protokol kesehatan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil MAg. MSi, turun langsung bersama tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru ke pelaku usaha, Rabu (17/6) kemarin. 

Rombongan melakukan peninjauan dan pengecekan penerapan protokol kesehatan di beberapa Hotel di Pekanbaru. Hal itu dilakukan guna penerbitan izin operasional kembali pasca covid-19. 

Dalam rombongan itu turut didampingi Plt Kepala Diskes Pekanbaru Muhammad Amin, Kalaksa BPBD Zarman Candra, Sekretaris Disbudpar Adriansah, Kabid Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan DPM-PTSP Quarte Rudianto, Kabid Ops Satpol PP Pekanbaru Desherianto dan jajaran.

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru, M Jamil mengatakan, peninjauan dilakukan untuk memastikan pelaku usaha telah menerapkan protokol kesehatan ditempat usaha mereka. Hal itu sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) nomor 104 tahun 2020.

"Yang kami tinjau hari ini khusus Hotel. Hotel yang telah mengajukan proposal penerapan protokol kesehatan ke kami. Jadi hari ini di cek kesiapan mereka," ujar Jamil usai peninjauan. 

Setelah dilakukan peninjauan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru, baru izin operasional kembali pasca covid-19 diterbitkan oleh DPM-PTSP Pekanbaru. 

Namun, izin dapat diterbitkan jika pelaku usaha memenuhi standar protokol kesehatan. Seperti menyediakan peralatan cuci tangan, melakukan pengecekan suhu tubuh kepada pengunjung, dan menerapkan physical distancing di lokasi. 

Dalam peninjauan itu rombongan melakukan pengecekan ke setiap ruangan. Pengecekan juga dilakukan ke fasilitas hotel seperti kolam renang dan ruang KTV. 

"Secara keseluruhan memang sudah hampir lengkap. Tapi kami pastikan lagi pengelola benar-benar menerapkannya," jelasnya. 

Dalam satu hari itu rombongan meninjau 12 Hotel yang telah mengajukan proposal penerapan protokol kesehatan. Diantaranya, Hotel Furaya, Grand Jatra, Hollywood, Dafam Hotel, Aryaduta, Hotel Pesona, Hotel Pengeran, Grand Central, Hotel Tjokro, Batiqa Hotel, Evo Hotel, Hotel Mutiara Merdeka. 

"Kalau mereka sudah melengkapi dan menerapkan protokol kesehatan, sehari sesudah di cek kita terbitkan izin operasional pasca covid-19 ini," tutupnya.

Setiap pelaku usaha harus mengajukan proposal kesehatan ke Pemko Pekanbaru untuk mendapatkan izin operasional kembali pasca covid-19. Namun, jika pelaku usaha mengabaikan itu, maka akan diberikan sanksi administratif hingga pencabutan izin usaha.

Nantinya tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pekanbaru akan terus melakukan pengawasan terhadap pelaku usaha. Tim akan mengawasi pelaku usaha dalam menerapkan protokol kesehatan seiring izin operasional mereka kembali diterbitkan Pemko Pekanbaru. Jadi para pelaku usaha tidak tertib diawal saja. 

"Jadi pengawasan tetap dilakukan. Seperti Hotel, akan diawasi Dinas Pariwisata. Ada tim Gakkum yang akan memberikan sanksi kalau pelaku usaha tidak patuh," jelasnya. 

Sanksi diberikan sesuai kelengahan pelaku usaha dalam menerapkan protokol kesehatan di tempat mereka. Ia katakan sanksi bisa berupa administratif hingga berujung pencabutan izin usaha. 

Hingga saat ini, sudah 46 pelaku usaha yang mengajukan proposal protokol kesehatan ke pihaknya. 

Jamil mengimbau kepada seluruh pelaku usaha yang belum mengajukan proposal protokol kesehatan, agar segera mengajukan. Hal itu guna pendisplinan masyarakat supaya tetap menjalankan protokol kesehatan. 

"Mari kita bersama berusaha untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini. Tidak hanya peran pemerintah, namun juga harus didukung semua pihak untuk tertib dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," tutupnya. (Advetorial)


Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Muhammad Jamil bersama rombongan mengecek fasilitas hotel guna memastikan penerapan protokol kesehatan

 

Kepala DPM-PTSP Pekanbaru Muhammad Jamil (baju biru) dan rombongan berbincang dengan manajemen Hotel Furaya dalam peninjauan penerapan protokol kesehatan.


Kepala DPM-PTSP Muhammad Jamil (baju biru) bersama rombongan memeriksa ruangan KTV, dalam peninjauan penerapan protokol kesehatan di Hotel Furaya.

 



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook