Langkah Cepat Tangani Penyebaran Covid-19, Wako Tinjau Rapid & Swab Massal Pasar Pusat

Senin, 29 Juni 2020 - 15:52 WIB  
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Oce E Satria

Langkah Cepat Tangani Penyebaran Covid-19, Wako Tinjau Rapid & Swab Massal Pasar Pusat

Wali Kota Pekanbaru bersama rombongan tiba di lokasi rapid test dan swab massal

KORANMX.COM, PEKANBARU -- Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT meninjau langsung pelaksanaan rapid test dan tes swab massal yang digelar, di Pasar Pusat, Jumat (26/6/2020). 

Kegiatan yang ditaja tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, bersama Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, menyediakan 300 alat rapid test dan 300 alat swab. 

Orang nomor satu di Kota Pekanbaru itu juga didampingi oleh Kapolresta Pekanbaru, Dandim 0301 Pekanbaru, dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru. 

Saat kunjungan tersebut, Firdaus menyampaikan, bahwa rapid test dan swab massal yang dilakukan merupakan langkah cepat Pemko Pekanbaru dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Pekanbaru. 

Firdaus melihat langsung pelaksanaan rapid test dan swab massal yang dilakukan terhadap pedagang dan warga pengunjung pasar Agus Salim. Ia juga sempat berbincang dengan peserta tes. Firdaus mengimbau masyarakat tidak perlu takut untuk mengikuti tes tersebut. 

Firdaus juga menyampaikan pemahaman kepada masyarakat dilokasi itu agar terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, dan mengajak masyarakat bersama memerangi penyebaran Covid-19

Masyarakat cukup antusias mengikuti tes tersebut. Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) para tenaga kesehatan mulai melakukan tes sejak pukul 09.00WIB.

Ada 160 orang yang mengikuti rapid tes masal, dan seluruhnya memiliki hasil non reaktif. Sementara yang mengikuti tes swab sebanyak 260 orang. 

"Alhamdulillah kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk hal ini. Tes dilakukan untuk mengetahui status kesehatan," jelasnya. 

Dengan memamakai istilah TOS, yang artinya Temukan, Obati, dan Sembuhkan, itu yang terus dilakukan saat ini oleh Pemko Pekanbaru dalam menghadapi permasalahan krisis kesehatan yang telah mewabah diseluruh negara. 

"Rapid test dan swab massal yang digelar ini merupakan langkah cepat pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," terangnya. 

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tidak hanya meggelar rapid dan swab massal dalam mencari orang tanpa gejala (OTG). Namun juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ditempat umum yang rawan terjadi penyebaran. 

"Kami juga terus mengimbau agar masyarakat dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. 

Pihaknya tidak berhenti disitu saja, akan ada rapid tes dan swab masal yang akan digelar dalam waktu dekat. Sejumlah wilayah dengan kategori eskalasi kasus positif Covid-19 menjadi sasaran rapid test dan swab massal dilakukan. 

Rapid test dan swab massal juga direncanakan bakal diselenggarakan di Pasar Rumbai. Hal itu guna menjaring OTG di kawasan itu. Pasalnya, Kecamatan Rumbai juga merupakan wilayah tingkat kasus positif yang cukup tinggi. (Advetorial)

 

Galeri Foto


Para tenaga kesehatan melakukan tes swab


Wali Kota Pekanbaru didampingi Kapolresta Pekanbaru berbincang terkait teknis kegiatan swab massal bersama tim gugus tugas Covid-19 


Wali Kota Pekanbaru memberikan sambutan dan pemahaman terkait Covid-19. 


Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook