Peringatan Hari Bhayangkara Ke-74

Gubri Ajak Polda Sinergi Tangani Karhutla dan Covid-19

Rabu, 01 Juli 2020 - 18:49 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Raja Mirza

Gubri Ajak Polda Sinergi Tangani Karhutla dan Covid-19


KORANMX.COM, PEKANBARU--Perayaan Hari Bhayangkara ke 74, di Riau, di tengah Pandemi Covid-29 ini dilaksanakan secara Daring di Mako Brimob Polda Riau, Rabu (1/7/2020). Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo bertindak sebagai pembina.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, usai kegiatan mengatakan, upacara Bhayangkara ke 74, hari bertemakan kamtibmas Kondusif Masyarakat semakin produktif. 

Tema ini, sebut Agung, sesuai dengan kondisi saat ini, Pandemi Covid-19 dan dimana pihaknya diminta harus menjaga Kamtibmas sebaik-baiknya.

Dalam arahan Presiden, sebut Kapolda, pihaknya diminta menguatkan program penanganan Covid-19, agar tertangani dengan baik.

Untuk mencapai tujuan itu, Agung berharap dukungan semuanya pihak, baik institusi terkait, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan masyarakat.

''Terimakasih Gubri, Kejati, Korem, institusi lainnya dan terutama terimakasih kepada masyarakat yang mendukung semua ini. Agar kita semua dapat melalui ini dengan baik,'' ujar Kapolda.

Menurut dia, dari arahan Presiden RI, saat upacara tadi. Ada enam arahan presiden, salah satunya yakni ''Menjaga kamtibmas yang kondusif dan menjaga karhutla''.

Sementara itu, Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi yang juga mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke 74 ini mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74.

Di usia Polri ke 74 tahun ini, Gubri mendo'akan semoga suasana kondusif di Riau dapat terus dipertahankan bersama, dan sekaligus juga dapat mewujudkan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Gubri menyebutkan, pada momen hari Bhayangkara ke 74 ini, ada dua hal permasalahan yang ada di Riau ini yang di rasakan secara bersama-sama, yakni Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan pandemi Covid-19.

''Alhamdulillah kami bersyukur dan terima kasih atas dukungan dari Polri, TNI, Kejati dan semua komponen yang ada di Riau,'' kata Gubri. 

Selain dukungan Polri dan institusi terkait, kedua permasalahan ini dapat diatasi secara bersama juga atas dukungan dari media, masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan sebagainya.

Menurutnya, dengan harapan Presiden Indonesia Joko Widodo yang telah dilaksanakan oleh Polri itu. Pihaknya berharap, ke depannya sinergi yang telah kita bangun ini semakin kuat.

''Untuk mencapai tujuan itu, kita semua memerlukan sinergitas, agar dapat melaksanakan tugas itu,'' pungkasnya.

Dalam peringatan Hari Bhayangkara ke 74 ini, turut dilakukan rangkaian kegiatan seperti pemberian bagi anggota Polda dan jajaran yang berprestasi.

Mereka yang diberikan penghargaan adalah, Brigadir Jemmy Arief Wahyudi anggota Ditpolair Polda Riau yang meninggal pada 13 Juni, kecelakaan di Perairan Teluk Masjid, Kecamatan Sungai Apit, Siak.

Penghargaan ini langsung diterima, istri Almarhum Brigadir Jemmy Arief Wahyudi yakni Nofita.

Kemudian, Ipda Suryawan Fadlin SE, Kapolsek Koto Gasib, Siak atas prestasi keberhasilan pemadaman Karhutla di Wilkum Polres Siak. 

Selain itu, juga turut diberikan penghargaan bagi Polres terbaik se-Riau dengan peringkat pertama diraih Polres Rohil. 

Sedangkan posisi kedua ditempati Polres Pelalawan, dan peringkat ketiga diraih Polres Kampar.

Sementara, untuk penghargaan Polsek terbaik pertama diraih Polsek Dumai. Kedua Polsek Sukajadi dan ketiga Polsek Logas Tanah Datar.

Selain itu, turut diberikan penghargaan bagi personel terbaik yakni diberikan kepada AKP  Yoyok Iswandi SH MH, karena menggagalkan penyelundupan sabu 35 kilogram.

Kemudian, penghargaan bagi AKBP Rido Purba SIK MH anggota Ditreskrimum Polda Riau, atas prestasinya mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (sindikat internasional).

Selanjutnya, Iptu M Haris Saputra STK dari Ditreskrimum Polda Riau, atas prestasinya mengungkap tindak pidana curas menggunakan senjata api, curat, pembunuhan berencana dan pembunuhan terhadap anggota Polri.

Lalu, Brigadir R Brianara Frofanda anggota Ditreskrimum Polda Riau, atas penggunaan Teknologi lnformasi dalam pengungkapan kasus curat, curas dan curanmor. ***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook