Setahun Bebas, Residivis Bertato Kembali Ditangkap Karena Bobol Ruko

Rabu, 01 Juli 2020 - 19:25 WIB  
Reporter : Ridho Fernandes
Redaktur : Raja Mirza

Setahun Bebas, Residivis Bertato Kembali Ditangkap Karena Bobol Ruko

Tersangka DS (41) saat berada di Mapolsek Senapelan

KORANMX.COM, PEKANBARU--Belum genap satu tahun menghirup udara bebas. DS alias Dedet kembali mendekam di balik jeruji. Pria bertato berusia 41 tahun ini diringkus Tim Opsnal Polsek Senapelan. 

DS yang juga residivis pencurian ini ditangkap, Rabu (24/6) pekan lalu atas ulahnya mencuri di sebuah ruko kosong yang ditinggal penghuni, di Jalan DR Sam Ratulangi. 

"Dia (DS) masuk dengan cara mencongkel jendela di lantai tiga ruko. Ruko nya lagi kondisi kosong," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wiajaya melalui Kapolsek Senapelan, Kompol Kari Amsah Ritonga, Rabu (1/6/2020). 

Kejadian itu terjadi pada, Selasa (24/3/2020) lalu. Saat itu korban, Edi Harsono (66) sedang berada di Jakarta untuk tugas kerja. Namun, korban dihubungi tetangganya, Zainal yang memberi tahu bahwa pintu belakang rumah korban terbuka. 

Korban pun meminta Zainal untuk mengecek kondisi di dalam rumah. Saat Zainal masuk kedalam rumah, dan benar melihat kondisi di dalam rumah berantakan. 

Hingga akhirnya korban pulang ke rumah dan didapati telah hilang barang-barang di dalam rumah berupa satu unit mesin atau kompresor AC yang berada di lantai tiga, kemudian sebuah tas berisikan dokumen penting milik korban berupa surat tanah dan BPKB mobil. Selain itu pakaian berupa baju, batu akik dan kipas angin juga lesap. 

Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian materil sekitar Rp35 juta. Tak senang dengan kejadian itu korban mendatangi Polsek Senapelan guna membuat laporan resmi. 

"Begitu ada laporan langsung kita lakukan penyelidikan. Alhasil saat diketahui ciri dan keberadaannya langsung dilakukan upaya penangkapan," jelas KA Ritonga. 

Ditambahkan Kanit Reskrim Polsek Senapelan, Iptu Koko F Sinuraya menyebut, bahwa pelaku merupakan seorang residivis atas kasus yang sama. 

"Dia baru keluar tahun kemarin. Kami dalami, pelaku sudah melakukan aksinya di empat TKP sejak dia bebas," jelasnya. 

Saat beraksi, DS tidak sendirian. DS dibantu dengan rekannya CP yang masih dalam pengejaran petugas kepolisian. 

"Dia pengangguran, hasil barang curian itu dia pakai untuk minum-minum," tambahnya.

Hasil pemeriksaan urine, pelaku juga positif menggunakan narkoba jenis sabu. Turut diamankan barang bukti berupa enam helai baju kemeja hasil curian, dan satu buah kikir alat kejahatannya.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook