8 Hektar Lahan Batas PT SRL dan PT Priatama Terbakar

Jumat, 03 Juli 2020 - 20:00 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

8 Hektar Lahan Batas PT SRL dan PT Priatama Terbakar


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Lebih kurang delapan hektar lahan di perbatasan antara PT SRL dan PT Priatama di Kabupaten Bengkalis terbakar. Api muncul sejak Rabu (1/7/2020) kemarin.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Tajul Mudaris, saat dihubungi KoranMX.com mengatakan, sejauh ini pihaknya telah berhasil memadamkan api lebih kurang lima hektar.

''Api terpantau terbakar di perbatasan PT SRL dan PT Priatama,'' beber Tajul.

Selain itu, saat inipun, pihaknya bersama tim gabungan masih melakukan pemadaman dan pendinginan yang masih ada titik api dan titik asap. 

Untuk mempercepat pemadaman, tim pemadam, kata dia, menggunakan tiga unit alat exavator. Untuk membatasi supaya titik api tidak semakin meluas dan juga membuat embung.

Selain proses pemadaman dari darat, Tim satgas Udara juga melakukan pemadaman menggunakan dua unit heli water Bombing milik BNPB, dengan membantu pemadaman melalui udara, pengambilan sumber air dari embung-embung.

Lokasi kebakaran ini, sebut Tajul, berlokasi di Kelurahan Tanjung Kapal Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. Dengan koordinat
1,796150 N 101,477757 E.
 
''Jenis lahan yang terbakar adalah tanah darat bergambut,'' terang Tajul.

Mudahnya api menjalar kesana sini, menurut pantauan pihaknya dibantu cuaca yang cerah berawan dan angin kencang.

Menurut Tajul, titik Karhutla yang muncul cukup jauh dari akses darat, sehingga saat diketahui sore kemarin pemadaman mulai dilakukan oleh tim yang ada. Kemudian dilanjutkan hari ini masuk ke area lebih dalam jauh dari akses darat.


''Pemadaman juga dibantu oleh tim dari pemadam perusahaan yang berdekatan denga lahan terbakar. Dua perusahaan yang berada di sana menurunkan masing masing timnya,'' sebut Tajul. 

Menurutnya, sejak beberapa pekan terakhir kondisi cuaca di Bengkalis memang dalam keadaan panas. Termasuk di daerah tempat titik api muncul saat ini, kemungkinan karena kondisi kekeringan dan hembusan angin membuat api yang muncul meluas.

Terpisah Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi mengatakan, bahwa api di sana sudah padam. Karena tim gabungan TNI-Polri dan BPBD serta masyarakat peduli api serta pihak perusahaan langsung bergerak sejak muncul api.

''Saat ini api sudah padam,'' singkat Kapolda.

Namun, pria berpangkat Bintang dua dipundaknya ini juga mempertanyakan agar KoranMX.com tidak hanya mengangkat isu peristiwa kebakaran. 

Ia berharap, agar proses persidangan para pelakunya juga di angkat ke media.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook