Tol Pekanbaru-Dumai Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Sabtu, 04 Juli 2020 - 22:28 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Tol Pekanbaru-Dumai Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Rakyat


KORANMX.COM, PEKANBARU--Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Irwansyah beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Riau, meninjau Tol Pekanbaru-Dumai, Sabtu (4/7/2020).

Peninjauan ini, kata Gubri dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Tol Pekanbaru-Dumai sebelum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

''Saya mengajak Pangdam untuk meninjau Tol Pekanbaru-Dumai, karena ketika ini nanti akan diresmikan oleh pak presiden, Pangdam ini juga yang akan meninjau dan mengecek keamanannya. Karena kalau dari sisi pembangunan, tol kita ini sudah 100 persen,'' kata Gubri.

Menurut Gubri, hasil peninjauan pintu Tol Pekanbaru, yang dilakukan bersama Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen Irwansyah mengatakan Tol Pekanbaru-Dumai berprogres cukup baik.

Pangdam berpendapat, sejauh ini, ia melihat progres Jalan Tol Pekanbaru-Dumai berjalan cukup baik. 

''Saya lihat kesiapannya juga sudah tuntas, tinggal mungkin meyakinkan masalah lain yang mungkin belum selesai. Jadi saat peresmian, Tol Pekanbaru-Dumai ini sudah clear semua,'' kata Pangdam.

Gubri menambahkan, ia meyakini keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) di Riau akan mengangkat roda perekonomian daerah. 

Hal ini, sebut Gubri, sesuai dengan situasi ekonomi ''kita'' sekarang bermasalah dengan adanya COVID-19. 

""Tapi kami yakini dan berharap besar dengan adanya Tol ini nanti, perlahan ekonomi daerah dan ekonomi masyarakat dengan sendirinya akan terangkat,'' tutur Gubri.

Gubri menyatakan, untuk progres tol ini, sudah 99 persen. Sehingg mimpi dan harapan masyarakat Riau yang selama berpuluh tahun menginginkan adanya jalan tol sebentar lagi akan terwujud.

Menurut perkiraannya, keberadaan infrastruktur jalan bebas hambatan ini setidaknya akan mengangkat perekonomian daerah pada kisaran 2-5?hkan lebih. 

Artinya, jika telah selesai dan diresmikan penggunaannya. Maka, mobilitas angkutan akan lebih tinggi. Karena, keberadaan tol ini, tidak hanya akan memangkas waktu tempuh dari Pekanbaru ke Dumai hingga separuh waktu dari biasanya, tapi juga akan menghemat biaya angkutan sektor logistik.

''Sama-sama kita berdoa memohon kepada Allah SWT agar tol segera selesai dan bisa dioperasionalkan. Terkait rencana peresmian kita masih menunggu arahan dari Pak Presiden Joko Widodo,'' imbuh Gubri.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook