Lansia 80 Tahun Positif Covid-19

Senin, 13 Juli 2020 - 18:24 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Lansia 80 Tahun Positif Covid-19


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Beberapa hari belakangan hanya mengalami satu penambahan kasus positif. Tiga pasien terkonfirmasi positif, Senin (13/7/2020) sore ini.

Kronologis, tiga pasien positif ini. Untuk pasien nomor 241 yakni Tn R warga Kampar, diketahui berawal dari rapid test yang hasilnya reaktif.

Selanjutnya, di hari Sabtunya tanggal (21/7/2020) langsung dilakukan pemeriksaan swab di salah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Kampar. 

''Hasilnya dinyatakan positif Covid-19,'' sebut Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Senin (13/7/2020).

Untuk pasien nomor 242 yakni Tn R (26) adalah warga Provinsi Sumatra Selatan. Ia dalam keperluan melakukan perjalanan ke Provinsi Riau untuk bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak. 

Tn R dinyataian positif, berawal dari ketentuan ditempat perusahaan tersebut yang mengharuskan setiap pegawai untuk dilakukan rapid test. 

Dari hasil yang dinyatakan reaktif. Pada hari Sabtu (11/7/2020) langsung dilakukan tes swab di salah satu Rumah Sakit di Kota Pekanbaru.

''Ternyata hasilnya positif Covid-19,'' terang Yovi. 

Dari hasil wawancara kepada Tn R, ia tidak mengetahui riwayat penularannya. Ia juga mengakui tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Orang terakhir yang positif adalah Ny F, usia 80 tahun warga Siak. Ia awalnya, ingin berobat karena mengalami demam disertai hasil rontgen pneumonia.

Karena ada gejala, dilanjutkan dengan pemeriksaan rapid test, pada Jumat (10/7/2020) dengan hasil reaktif.

''Ny F dinyatakan positif, setelah dilakukan pemeriksaan PCR pada Sabtu (11/7/2020),'' sebut Yovi. 

Pihaknya, diakui Yovi, belum mengetahui riwayat penularan dari Ny F. Karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Informasinya, sebut Yovi, ada kabar baik yang kita syukuri adalah penambahan tiga pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Mereka adalah Tn ES, yang merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu. Kemudian, Ny SA (32) yang merupakan warga Kabupaten Kuantan 
Singingi. Selanjutnya, Tn MH (40) yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

Maka atas penambahan tiga kasus ini, total pasien positif di Riau menjadi 143 orang.

Rinciannya, 11 orang masih dirawat. Dari total keseluruhan itu, 221 orang dinyatakan sehat dan dipulangkan.

''Pasien positif meninggal masih 11 orang, semoga tidak bertambah lagi,'' harap Yovi.

Pada kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 60 pasien, dan dipulangkan berjumlah 2.060 orang. Sedangkan yang meninggal dunia dalam status PDP berjumlah 201 orang. 

''Angka itu, dari total PDP berjumlah 2.321 orang,'' terang Yovi.

Pada kasus Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 3.940 orang, yang sudah selesai pemantauan berjumlah 79.892 orang.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook