Jokowi Tak Pilih Riau

Kamis, 16 Juli 2020 - 21:39 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Jokowi Tak Pilih Riau


KORANMX.COM, PEKANBARU--Pada Rabu (15/7/2020) kemarin, Presiden Joko Widodo, mengumumkan lima provinsi terbaik dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Nah, tidak ada nama Provinsi Riau yang disebutkan Jokowi. Di mana provinsi yang terpilih adalah DIY (DI Yogyakarta) yang paling baik, Bangka Belitung, Aceh, Sumbar, dan Gorontalo. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Kamis (16/7/2020) sore mengatakan, alasan Riau tidak terpilih. Meski baik dalam penanganan kasus positif Covid-19 adalah karena Riau tidak dapat memenuhi target swab sesuai yang ditentukan.

''Alasannya, karena Riau belum dapat memenuhi target swab yang ditentukan pusat,'' ungkap Mimi.

Sesuai standar yang ditetapkan tim Gugus Pusat. Suatu daerah dapat diketgorikan baik penanganan Covid-19 jika mampu mencukupi 3.500 persatu satu juta penduduk. 

Artinya, target dengan jumlah penduduk Riau mencapai enam juta jiwa lebih, ditargetkan sebanyak 24.500 ribu orang. 

''Sedangkan pengambilan swab di kita masih sebanyak 15.562 orang. Jadi masih ada 10 ribu pemeriksaan swab yang harus dicapai dari jumlah yang ditentukan,'' beber Mimi.

Menurut Mimi, saat ini target spesimen kabupaten dan kota memang belum mencapai target.

Ia menilai, hal ini lebih disebabkan, ada beberapa faktor yang dihadapi di Kabupaten dan Kota.

''Contohnya, pemeriksaan di salah satu kabupaten beberapa hari yang lalu yaitu di Rokan Hulu,'' Mimi.

Selain itu, faktor lainnya yang di hadapi adalah bagaimana masyarakat masih merasakan ketakutan. Misalnya, dalam hal pemeriksaan tersebut kemudian merasa sakit, lalu mereka takut kalau misalnya diketahui dari hasil pemeriksaan tersebut hasilnya positif Covid-19.

Yang kedua, kemudian Kalau misalnya itu terjadi maka mereka memikirkan apa siapa yang akan memberikan makanan atau memberikan sesuatu untuk sehari-hari kepada keluarga mereka.

Ketiga, tentunya perlu penyediaan daripada bahan habis pakai yang ada di kabupaten dan kota untuk pelaksanaan pemeriksaan untuk swab ini

Dengan situasi ini, Mimi berharap masing-masing kabupaten dan kota  dapat menyediakan pengadaan lain-lainnya untuk pemeriksaan tersebut.

''Karena selama ini semua dari pada pemeriksaan disupport oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk peralatan dan SDM yang ada,'' ujar Mimi.

Namun demikian kalau untuk SDM Riau sudah melatihnya dan tinggal penyiapan dari ketersediaan alat atau bahan habis pakai yang diperlukan untuk pelaksanaan swab test ini.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook