Pulang dari Kalsel, Warga Inhil Terjangkit Covid

Sabtu, 18 Juli 2020 - 19:00 WIB  
Reporter : Hendra Nainggolan
Redaktur : Oce E Satria

Pulang dari Kalsel, Warga Inhil Terjangkit Covid


KORANMX.COM, PEKANBARU--Penambahan terkonfirmasi positif Covid-19, sama seperti pada Jumat semalam, dengan munculnya lima pasien baru, Sabtu (18/7/2020) sore.

Seluruh pasien yang positif ini, empat diantaranya warga Provinsi Riau. Satunya lagi warga Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir yang mengumumkan penambahan ini, menjabarkan. Lima kasus terkonfirmasi ini, dua diantaranya tidak memiliki riwayat perjalanan ke wilayah terjangkit dan tidak memiliki kontak erat dengan pasien positif.

Ny DN usia 46 tahun adalah pasien nomor 257 merupakan warga Pekanbaru. Ia diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Ia diiketahui positif, setelah melakukan rapid test pada Senin (13/7/2020) dengan hasil reaktif. Setelah itu, dilanjutkan pemeriksaan swab di hari Selasa (14/7/2020) dengan hasil positif Covid-19. 

''Dari mana terjangkit, belum diketahui. Karena dia tidak memiliki riwayat penularan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19,'' beber Mimi.

Selanjutnya, terkonfirmasi positif adalah Tn ARM usia 16 tahun, merupakan pasien nomor 258. Ia berdomisili di Provinsi Sumatra Selatan. Saat ini ia sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

Kronologis diketahui positif, setelah Tn ARM melakukan swab mandiri pada Kamis (16/7/2020) disalah satu Rumah Sakit di Kota Pekanbaru dengan dinyatakan positif Covid-19. 

''Hasil tracing, Tn ARM memiliki riwayat perjalanan dari Kota Palembang ke Kota Pekanbaru,'' sebut Kadis. 

Pasien nomor 259, berinisial Tn S (25) warga Kabupaten Indragiri Hilir dan juga dirawat isolasi di sana. 

Hasil proses tracing, tuan S diketahui  kontak erat dengan Tn M (26) merupakan temannnya.

''Tn M ini adalah pasien positif nomor 240 juga warga Kabupaten Indragiri Hilir,'' jelas Mimi. 

Sedangkan, hasil tracing Tn M, ia memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (23/6/2020) dan dia tiba di Kabupaten Indragiri Hilir pada Kamis (25/6/2020) lalu.
 
Pasien nomor 260 positif adalah Tn MN (56) warga Kabupaten Pelalawan yang dirawat isolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. 

''Tn MN diketahui positif, setelah melakukan Swab mandiri pada Jumat (17/7/2020) di salah satu rumah sakit di Kota Pekanbaru dan dinyatakan positif Covid-19,'' sebut Mimi. 

Mimi mengakui, pihaknya belum mengetahui riwayat penularan dari tuan MN, karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan Riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19. 

Pasien terakhir, dengan nomor 261 adalah tuan H (18) warga Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Dari proses tracing, tuan H (18) diketahui kontak erat dari temannya merupakan anak dari kasus positif nomor 244 Nyonya SR (48) warga Kabupaten Siak.

Dengan penambahan ini, maka total terkonfirmasi positif di Riau menjadi 261 orang. 

Kadiskes merincikan, sebarannya 26 orang yang positif masih dirawat. Lainnya, 224 orang dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan. Sedangkan kasus kematian masih berjumlah 11 orang.

Pada kasus pasien dalam pengawasan (PDP), yang masih dirawat berjumlah 64 pasien, yang dinyatakan negatif dan dipulangkan berjumlah 2.136 orang.

''Pada kasus PDP 209 orang meninggal dunia. Sedangkan total PDP  berjumlah 2.409 orang,'' sebut Kadiskes. 

Kemudian, pada kasus orang dalam pemantauan (ODP), tim Gugus mencatat berjumlah 3.784 orang, yang sudah selesai pemantauan berjumlah 81.910 orang.***



Berita Terkait

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook